Jakarta –

Setiap tahunnya, pemerintah menyelenggarakan hari belanja online (Harbolnas) yang jatuh pada bulan Desember setiap tahunnya. Pejabat perencana perekonomian juga melakukan rapat perencanaan persiapan Harbolnas ke-13 dengan kementerian/lembaga serta pemasok dan pusat perbelanjaan.

Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Moga Simatupang mengatakan Harbolnas akan digelar pada 10-16 Desember 2024. Pada periode tersebut, Moga menyebut akan ada berbagai sesi penjualan.

Terkait target laba usaha tahun 2024, Moga mengatakan laba akan meningkat sekitar 13-16% dibandingkan laba usaha tahun 2023 sebesar Rp 25,7 miliar. Artinya, target nilai bisnis Harbolnas 2024 adalah sekitar Rp30 triliun.

“(Tahun 2023 Rp 25,7 triliun. Kita harapkan tahun ini naik 13-16%,” kata Moga saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/11). /2024).

Ia mengatakan, selain produk, diskon juga berlaku untuk tiket pesawat dan tempat wisata. Moga menjelaskan, diskon tiket pesawat hanya berlaku untuk penerbangan domestik.

Moga menjelaskan: “Ya, selain menjual produk, juga akan ada uang untuk membeli tiket pesawat dan tempat wisata. ASITA juga akan mendukung tiket pesawat. (Rute) hanya dalam kota, terutama di daerah”.

Sementara itu, Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman mengatakan Harbolnas merupakan peluang untuk mendorong UMKM lokal. Rencananya pada periode ini para pelaku UMKM akan didorong untuk go digital.

“Jadi kita baru saja menyelesaikan rapat perencanaan yang dipimpin oleh koordinator perekonomian pada proses hari belanja online tanggal 12 Desember. Semoga momentum hari belanja online ini bisa mulai mendorong dan memberi insentif kepada para pengusaha UMKM di seluruh Indonesia. ”

Dia menjelaskan, pemerintah menargetkan setidaknya Rp30 triliun untuk nilai bisnis Harbolna pada 2024. Angka ini lebih tinggi dibandingkan nilai perusahaan pada 2023 yang mencapai Rp25 triliun.

Maman mengatakan saat ini pelaku UMKM didorong untuk menawarkan paket pembiayaan. Paket diskon ini tidak hanya berlaku saat Anda berbelanja online saja, namun juga berlaku saat Anda berbelanja offline.

Untuk itu, dia mendorong UMKM untuk masuk ke toko atau mal. Saat ini, pihaknya masih mengkaji berapa jumlah UMKM yang akan masuk ke pasar tersebut.

“Jadi ini akan kita dorong, kita akan punya banyak toko yang siap untuk kita persiapkan, beberapa di antaranya akan kita sederhanakan, misalnya di Sarinah banyak ruangnya. Lalu dengan banyak toko, kita coba dorong dia kawan . mendorong. ciptakan UMKM nanti dan dalam pikiran kami, persyaratan tersebut akan kami penuhi,” jelas Maman.

(kg/kg)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *