Jakarta –
Libur Natal dan Tahun Baru tinggal beberapa hari lagi. PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menjelaskan, ada lima pelabuhan yang rutin mengalami peningkatan penumpang selama libur Natal. Oleh karena itu PELNI menghimbau pelanggan untuk merencanakan liburannya sedini mungkin.
Norini, Direktur Operasi Penumpang PELNI mengatakan: “Lima pelabuhan keberangkatan kapal PELNI yang paling sibuk adalah Makassar, Ambon, Batam, Jayapura, dan Belwan, jadi jangan sampai kehabisan tiket karena kami juga memiliki kursi terbatas untuk melindungi penumpang Daisy mengeluarkan keterangan tertulis pada Jumat (22 November 2024).
Deci menambahkan, Makassar merupakan pelabuhan kelas satu dan menjadi pusat persinggahan kapal-kapal yang datang dari Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Tak heran jika Makassar menjadi pelabuhan pemberangkatan tersibuk karena jumlah kapal PELNI di kota pelabuhan ini mencapai 14 kapal.
Pada periode Natal 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025, jumlah penumpang kapal PELNI yang berangkat dari pelabuhan Makassar diperkirakan mencapai 36.819 orang. Jumlah ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2023 sebanyak 30.751.
“Dibandingkan tahun lalu, Makassar, Ambon, dan Jayapura menjadi pelabuhan pemberangkatan teratas, sedangkan Batam dan Belwan yang masuk tahun ini menggantikan pelat Surabaya dan Balikpa tahun lalu,” jelas Dacey.
Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, pihaknya telah memperoleh izin tambahan atau pengecualian bagi kapal untuk mengangkut penumpang lebih banyak. Meski demikian, Daisy memastikan penerbitan izin yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan tetap mempertimbangkan ketersediaan peralatan keselamatan di dalam pesawat.
Meski mendapat pengecualian, Daisy tetap menunggu calon penumpang yang tiba di pelabuhan tanpa tiket. Situasi ini tentu akan menarik kehadiran para calo tiket yang menawarkan tiket dengan harga tinggi.
“Kami berkomitmen untuk memberantas calo tiket di kawasan pelabuhan, terutama saat puncak musim Natal. Kami akan meningkatkan pengawasan dengan aparat penegak hukum pelabuhan dan di sekitar pelabuhan,” kata Daisy.
Selain menindak calo, PELNI juga mengimbau calon pelanggan menggunakan berbagai jalur pembelian tiket digital. Saat ini pelanggan PELNI dapat mengunjungi website dan aplikasi PELNI mobile untuk mengetahui jadwal pelayaran, memesan tiket, dan melakukan pembayaran.
Di sisi lain PELNI juga menjalin kerja sama dengan berbagai mitra penjualan digital. Tiket feri PELNI tersedia melalui berbagai aplikasi perbankan seperti fitur Sukha di Livin Mandiri dan Lifestyle di BCA Mobile. PELNI BNI juga bekerja sama dengan 46 agen dan jaringan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.
Call Center PELNI 162 juga menerima pengaduan 24 jam sehari melalui Telepon 021-162 atau Whatsapp Official 08111621162. Jadwal pelayaran dan informasi mengenai Nataru juga dapat dilihat di akun media sosial resmi PELNI seperti @pelni162 di Instagram dan Layar Nasional Indonesia di Facebook.
__________
Artikel ini telah tayang di detikFinance Saksikan video “Tri Andayani Raih Penghargaan Pelopor Transformasi Bisnis Perkapalan” (wkn/wkn).