Jakarta –

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai teknologi turbo yang dipasang pada new Yamaha NMax. Mereka juga menjelaskan mengapa mereka menggunakan tanda kutip saat menulis kata Turbo.

Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM, Antonius Widiantoro menjelaskan, Turbo merupakan bahasa pemasaran yang digunakan pihaknya untuk menggambarkan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmision atau YECVT.

Menurutnya, kata Turbo lebih mudah dipahami orang dibandingkan YECVT yang rumit. Itu sebabnya mereka memilih kata ini dengan tanda kutip tambahan.

“Iya. Kami menggunakan tanda kutip saat menulis Turbo. Ini (kata Turbo). Untuk mengkomunikasikan teknologi baru Yamaha yang menggunakan YECVT, kami mencoba mencari kata atau frasa yang mudah dimengerti,” kata Anton saat menuruti On. Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/6).

Dia menambahkan: “Itulah mengapa kami berkomunikasi dengan kata turbo, yang mudah dipahami pengguna, untuk memperkenalkan teknologi YECVT ini.”

Meski demikian, Anton menampik pandangan sebagian pihak yang menyebut teknologi Turbo pada NMax baru hanyalah gimmick belaka. Pasalnya hadirnya teknologi memberikan pengalaman berbeda saat berkendara.

“Nah, Turbo itu pilihan lain, tapi bukan sekedar nama, sebenarnya ada gerak turbo, karena teknologi ini ada di mesinnya, tidak bisa dilihat langsung, begitu juga dengan YECVT,” ujarnya.

Selain itu, Anton menegaskan pihaknya belum berencana memiliki hak atas nama ‘Turbo’ untuk produk sepeda motor di Indonesia. Sebab meski saat ini hanya Yamaha yang menggunakan merek Turbo, namun istilah tersebut bukanlah hal baru.

“Sebenarnya ini teknologi yang sangat umum, jadi teknologi ini hanya kami masukkan ke YECVT. Teknologi ini tidak eksklusif untuk Yamaha,” kata Anton

Berbeda dengan turbo pada mobil berbahan bakar bensin, tenaga pada Nmax hadir dari teknologi YECVT. Jadi pada transmisi terdapat motor listrik untuk menggerakkan poros ke depan dan menggantikan fungsi roll yang ditinggalkan.

Pada Nmax Turbo terdapat Y-Shift yang mampu memberikan pergerakan berbeda karena fungsinya membantu pengemudi berakselerasi layaknya Turbo dengan tiga level yaitu Low (1), Medium (2) dan High. (3) oleh karena itu cocok untuk overshoot sebelum defleksi.

Berdasarkan tes internal Yamaha, versi turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya mencatatkan waktu 7,43 detik.

Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat hingga menempuh jarak 200 meter dibandingkan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak 9,2 meter.

Menggunakan teknologi tersebut, Nmax Turbo menghadirkan mode berkendara yang menawarkan dua pilihan yaitu T-Mode (Town Driving) dan S-Mode (Sport) yang dapat dikontrol melalui tombol “Mode” di bagian depan kemudi.

Mode T untuk perjalanan dan mode S untuk mode olahraga. Saat ini mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk touring, jalan pegunungan, latihan mengemudi pilo, dan menyalip. Simak video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Berkeliaran Saja?” (sfn/lth)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *