Jakarta –

Read More : Anggaran Makan Bergizi Gratis Tahun Depan Naik Jadi Rp 336 Triliun

Dalam laporannya tentang pasar e-commerce global tahun 2024, lembaga riset eCommerceDB (ECDB) Jerman menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat pasar terbesar kedelapan dalam industri e-commerce. Pada tahun 2024, industri e-commerce Indonesia akan tumbuh sebesar 30,5%.

Oleh karena itu, platform e-commerce masih menjadi tempat berjualan online yang paling menjanjikan bagi para pengusaha di Indonesia. Di tengah persaingan bisnis di platform e-commerce yang semakin ketat, para pelaku bisnis juga berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian pembeli. Salah satu upayanya adalah dengan menawarkan berbagai promosi, termasuk promosi gratis ongkos kirim.

Berdasarkan laporan We Are Social & Meltwater bertajuk Digital 2024: Indonesia, 47,4% konsumen Indonesia memilih gratis ongkos kirim sebagai faktor utama yang mendorong mereka berbelanja online.

Pengiriman gratis saat ini menjadi prioritas utama konsumen saat berbelanja online, kata Yuswahadi, analis bisnis dan pemasaran serta mitra pengelola di Inventure.

“Iya, ada biaya yang harus ditanggung penjual dalam promosi gratis ongkir ini, namun biaya tersebut sebanding dengan pendapatan yang akan dihasilkan, karena hasil penjualan juga akan meningkat,” kata Yosuhadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7). ). /2024).

Hal senada juga diungkapkan oleh Pengamat Investasi Yazid Muammar yang mengatakan bahwa gratis ongkos kirim untuk belanja online merupakan tambahan kenikmatan bagi konsumen. Menurut Yazid, hal ini efektif mempercepat proses pengambilan keputusan pembelian barang yang diminati, sehingga perusahaan e-commerce juga bisa memanfaatkan potensi peningkatan trafik penjualan.

Yazid menambahkan, penawaran gratis ongkos kirim pada umumnya tidak selalu ditanggung oleh pihak e-commerce, melainkan oleh penjual dan perusahaan logistik.

“Penawaran gratis ongkos kirim ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Dapat menjadi daya tarik dalam menarik lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume penjualan e-commerce,” kata Yazid.

Sementara itu, Sunny Harsono, Presiden Asosiasi Pengusaha Logistik E-commerce (APLE), mengatakan promosi gratis ongkos kirim merupakan strategi cerdas bagi pengecer online. Menurutnya, pembeli akan lebih setia jika berhadapan dengan toko online yang menawarkan layanan tambahan seperti gratis ongkos kirim.

Sony mengatakan: “Faktor eksternal ini merupakan hasil kreativitas dengan memberikan lebih banyak layanan kepada konsumen. Konsumen akan terus memilih dan bertransaksi di platform dengan layanan tambahan.”

Mengingat pentingnya mengadakan promosi gratis ongkos kirim di toko online, berikut tips bagi usaha kecil dan menengah yang ingin mendapatkan penawaran gratis ongkos kirim tanpa takut rugi. Hitung anggaran iklan Anda

Sama seperti jenis promosi lainnya, penawaran pengiriman gratis juga memerlukan anggaran khusus. Lakukan perhitungan yang cermat dan pastikan jumlah dukungan pengiriman gratis yang Anda tawarkan tidak terlalu tinggi.

Anda bisa melakukan perhitungan dari harga jual dan Anda akan mendapatkan total keuntungan 2. Tetapkan minimal pembelian

Untuk meminimalisir kerugian, Anda bisa menggunakan minimal pembelian sebagai syarat untuk menggunakan penawaran gratis ongkos kirim. Dengan menggunakan strategi ini, Anda dapat mendorong pembeli untuk membelanjakan lebih banyak daripada yang awalnya ingin mereka beli.

Hal ini sejalan dengan temuan laporan pasar logistik e-commerce Asia Tenggara Parcel Monitor, yang berfokus pada wilayah Indonesia, Singapura, Thailand, dan Malaysia, yang mengungkapkan bahwa 91% pembeli bersedia mengeluarkan uang lebih banyak untuk memenuhi persyaratan minimum barang. bebas biaya kirim.

Jika Anda mengikuti promosi gratis ongkos kirim di platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia misalnya, platform tersebut biasanya akan membantu Anda menetapkan minimum pembelian. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan syarat dan ketentuan penggunaan penawaran gratis ongkos kirim.3. Menjaga kualitas produk dan layanan

Strategi promosi gratis ongkir tentunya bisa menjadi taktik yang efektif untuk menarik perhatian calon konsumen. Namun, Anda juga perlu menjaga kualitas produk dan layanan Anda agar pelanggan Anda merasa nyaman dan ingin kembali lagi ke toko Anda.

Memastikan kami menawarkan harga produk yang kompetitif dengan kualitas produk terbaik, memberikan pelayanan yang cepat dan ramah serta pengiriman pesanan yang cepat. (dikonfirmasi/dikonfirmasi)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *