Jakarta –

Yamaha NMax baru telah diluncurkan di Indonesia. Khusus untuk varian teratas, skutik tersebut otomatis mengusung Yamaha Continuously Variable Transmision (YECVT) atau yang dalam istilah pemasaran disebut ‘Turbo’. Apakah teknologi ini mempengaruhi konsumsi bahan bakar?

Ferry Nurul Fajar selaku Technical and Educational PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku belum bisa membeberkan konsumsi bahan bakar terbaik yang bisa dihasilkan Yamaha NMax Turbo. Namun, ia menduga motor tersebut lebih irit dibandingkan model sebelumnya.

Ia menjelaskan NMax Turbo memiliki mode T atau city drive untuk penggunaan normal di perkotaan. Selain itu, terdapat tombol Y-Shift untuk mengatur gaya saat akselerasi dan deselerasi. Jika semuanya dilakukan dengan benar, dia yakin konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

“Kami belum bisa memastikan (berapa konsumsi bahan bakar NMax Turbo). Tapi harusnya lebih irit (dibandingkan model sebelumnya). Terutama mode T. Kalau Y-Shift benar, pasti lebih banyak. . Irit. Karena bisa mengendalikan loss elektrik, CVT sangat kuat,” kata Ferry di Bogor, Jawa Barat.

Saat mencoba mengendarai Yamaha NMax Turbo di Sirkuit Sentul, Bogor, terlihat konsumsi bahan bakar di MID adalah 33,8 km/liter. Namun menurut Antonius Widiantoro selaku Deputy GM Marketing & Public Relations PT YIMM, angka tersebut tidak mencerminkan kenyataan.

Sebab, kata Anton, saat digunakan di sirkuit, Yamaha NMax Turbo dipacu secara agresif dan cepat. Belum lagi nomor MID menurutnya hanya sekedar koleksi.

“Nanti ada saatnya kita uji, itu (angka di MID) tidak representatif karena baru dipakai 2 hari, karena dipakai di tempat berbeda, kondisi berkendara berbeda. Siklusnya) semua orang mengemudi dengan cepat, “kata Anthony.

“Nah, yang di MID itu hanya kumpulan saja. Kalau kita mulai dari nol manufaktur, kita harus hitung. Nanti dengan kegunaan dan lahan yang berbeda, kita bisa mengukurnya,” imbuhnya.

Katanya, untuk mengetahui konsumsi bahan bakar sebenarnya, NMax Turbo harus melalui proses pengujian langsung di jalan umum.

“Harus dicoba. Mesinnya beda dengan generasi sebelumnya. Kita tidak bisa jadikan patokan, harus coba. Apalagi ada YECVT,” kata Anton. Tonton video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Ditahan?” (sfn/din)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *