Jakarta
Sepeda motor masih digemari karena efisien dan praktis untuk diangkut. Hal ini merupakan dampak dari tidak meratanya pembangunan perkotaan di Indonesia.
“Sepeda motor adalah salah satu alasan mengapa masyarakat lebih jarang bergerak dalam transportasi massal, namun sepeda motor jelas merupakan yang paling efisien, bertenaga,” kata sebuah perencanaan kota tiga hari di Indonesia. Masyarakat Transportasi (MTI), Kamis (23-01-2025).
“Dari rumah langsung ke sekolah ke sekolah. Kalau dihitung-hitung biayanya, maka biaya saya untuk menyetir bus jalan raya, dan sewa bus jauh lebih mahal. Ini benar-benar Panggilan” jelasnya lagi.
LEMBAGA PERLINDUNGAN 2024. Desember Industri sepeda motor Indonesia memproduksi 403.480 unit sepeda motor, yakni. Lebih dari 2.024 telah terjual. November dijual dengan harga 512,94 (satuan).
Lalu, 2024 Januari-Desember, sepeda motor terjual 6.333.310 unit di Indonesia. Jumlah itu naik dari Angkatan 2023. Jumlah sepeda motor yang terjual mencapai 6.236.992 unit.
Kemacetan lalu lintas merupakan masalah umum di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya angkutan umum, sehingga masyarakat memilih mobil pribadi untuk bermobilisasi.
“Data terkini dari lima kota menunjukkan bahwa penduduk kota kehilangan pendapatan sebesar 30 hingga 40 persen karena tidak produktif,” kata Ketua MTTR Tori Damgantor.
Selain itu juga diperoleh informasi terkini mengenai kebutuhan anggaran logistik dalam negeri yaitu sekitar Rp 1400 triliun. Angka tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 5%. Sementara itu, pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat hingga 8%.
“Kita perlu 8% untuk mencapai Indonesia Emas. Kalau kita dalam kondisi material seperti itu, kita perlu tumbuh menjadi 8%, karena sistemnya tidak berubah, karena sistemnya tidak berubah, Paradigmanya juga tidak berubah,” jelasnya.
“Saat saya berumur dua tahun, MIT mengajukan permohonan kepada Pemerintah untuk mengubah paradigma transportasi logistik. Berubah ke sektor supply chain. Struktur penduduk dan struktur lalu lintas harus sinergis. Mau apa? Kereta api, seperti jalan menuju atau dari kapal atau kapal, jalan tol, paling disukainya. Untuk melayani mobil yang efisien, harus ditata untuk melayani mobil yang paling efisien,” kata Tory?
Nirvon menyoroti upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum. Oleh karena itu diperlukan suatu zona untuk memfasilitasi angkutan umum seperti stasiun kereta api, terminal bus dan bandara serta khusus pejalan kaki. Di satu sisi, penggunaan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil sangat nyaman baik untuk angkutan umum maupun kawasan pejalan kaki.
“Mengapa kota-kota disekitarnya menjadi basis pembangunan perkotaan. Jakarta dan Semarang,” ujarnya.
“Idealnya, arah angkutan umum harus diutamakan, jadi ke sanalah arahnya. Kemudian pemerintah akan mendorong pembangunan komersial di sini, dan layanan perumahan.”
“Pertama, warga punya waktu sendiri, minimal 80 persen angkutan umum 60 persen “baik”, lanjutnya. “Video: Trans Metro Dewata Menghentikan Sopir Bus” (Rar/Lth)