Jakarta –

Mobil listrik Toyota yang diproduksi di Indonesia mendapat sorotan positif. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) semester I. Sekitar 132.000 mobil Toyota produksi Indonesia diekspor.

Dari 132.000 mobil yang diekspor, 4.400 di antaranya merupakan mobil listrik. Mobil ramah lingkungan tersebut antara lain Kijang Innova Zenix Hybrid (2.200 unit) dan Yaris Cross Hybrid (2.000 unit untuk ekspor).

Rekor ekspor Toyota kali ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Soalnya menurut data GAIKINDO, ekspor mobil Tanah Air pada semester I 2024 mencapai 218.000 mobil, dibandingkan produksi ekspor 2023 sebanyak 248.000 mobil. Demikian tertulis dalam siaran pers Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). .

Meski akan ditinjau kembali kinerja ekspor mobil nasional pada semester I-2024, namun peran ekspor mobil listrik juga menimbulkan ekspektasi peningkatan ekspor ke depan. Hal ini menunjukkan ketahanan dan adaptasi industri terhadap tantangan global. inovasi berkelanjutan dan peningkatan daya saing pembangkit listrik “Memperkuat posisi Indonesia sebagai basis manufaktur dan ekspor global,” kata Nandi Julyanto, CEO PT TMMIN.

“Toyota Indonesia akan terus bekerja sama dengan seluruh rantai pasokan dari atas hingga bawah untuk mendukung upaya tersebut. Untuk memastikan inovasi dan kualitas kendaraan kami dapat memenuhi permintaan pasar global yang semakin kompetitif dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan Indonesia. industri otomotif,” tambah Nandi.

Untuk mendukung kinerja ekspor mobil, Toyota Indonesia tetap berkomitmen untuk meningkatkan kinerja ekspor produk otomotif yang diproduksi dalam negeri melalui pengembangan produk, perluasan pasar, dan peningkatan volume ekspor. Untuk memenuhi permintaan persaingan internasional yang semakin meningkat, salah satunya adalah penggunaan kendaraan listrik.

Selama semester I tahun 2024, ekspor kendaraan Toyota mencapai 132.000 kendaraan ke lebih dari 80 negara di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Australia, Afrika, dan Oseania. Pencapaian tersebut menunjang kontribusi Toyota terhadap ekspor mobil yang mencapai 60% dari total ekspor mobil dalam negeri. Hal ini menjadi penopang terbesar ekspor mobil Indonesia.

Kesuksesan positif dua model Toyota, Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid, menunjukkan teknologi kendaraan listrik dalam negeri Toyota diterima dengan baik di pasar internasional. Hal ini berpotensi semakin memperkuat posisi otomotif Indonesia. industri untuk meningkatkan daya saing internasional

Keberhasilan Toyota mengekspor kendaraan listrik Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid pada semester I 2024 tidak hanya memperkuat pabrik Toyota di Indonesia sebagai pabrik high-end yang diminati global, tetapi juga memperkuat pabrik Toyota di Indonesia sebagai produsen mobil listrik. produsen mobil berteknologi tinggi global. Hal ini juga menekankan pentingnya mengembangkan industri otomotif yang kompetitif,” kata Bob Azam, wakil presiden PT TMMIN.

“Persaingan menjadi kunci untuk memperluas kinerja ekspor mobil dan berperan dalam rantai nilai internasional. Hal ini perlu selalu didukung dengan penguatan pasar dalam negeri. Memperbaiki rencana logistik, mengembangkan sumber daya manusia dan memanfaatkan teknologi untuk membuat mobil modern Produk ekspor Hal ini dapat merangsang terciptanya nilai baru dalam industri dan mendukung devisa negara yang lebih tinggi. Upaya ini merupakan langkah strategis untuk mendukung industri otomotif Indonesia mencapai dan mempertahankan posisi teratas di pasar global yang semakin kompetitif,” jelas Bob.

Toyota Indonesia mengaku berharap total ekspor mobil pada 2024 bisa mencapai level tahun lalu. Mendukung perluasan model ekspor konsumsi tenaga listrik Seperti yang terjadi di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Ini adalah kunci untuk mencapai tujuan ini. Langkah ini tidak hanya meningkatkan cakupan pasar; Hal ini juga menunjukkan komitmen Toyota dalam menyediakan teknologi otomotif yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan di seluruh dunia.

Sejalan dengan pemerintah Indonesia, Toyota terus menjajaki peluang untuk memperluas operasi ekspornya dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tren pasar. termasuk negara ekspor non-standar. Termasuk strategisnya perkembangan statistik kependudukan Indonesia.

Upaya tersebut meliputi kontak langsung dengan calon pelanggan. dan mengunjungi negara tujuan secara langsung untuk mendengar suara pelanggan. dan memahami kebutuhan dan preferensi terkait mendukung pengembangan solusi kendaraan yang sesuai, Toyota Indonesia tidak hanya fokus pada ekspor kendaraan lengkap. Namun juga mencakup pembuatan kendaraan modifikasi, aksesoris dan berbagai aksesoris yang memenuhi kebutuhan pasar internasional, seperti kendaraan modifikasi seperti kendaraan tol, kendaraan minum, dan kendaraan keamanan sesuai dengan kebutuhan negara yang bersangkutan.

Langkah ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk yang kompetitif dan inovatif ke pasar global. Kami percaya bahwa kerja sama yang kuat antara industri, pemerintah, dan rantai pasokan terkait akan memungkinkan kami mencapai visi industri otomotif Indonesia yang lebih kompetitif dan berkelanjutan. Hal ini memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan ekonomi negara. Saksikan video “Cara Ciptakan Toyota Innova Zenix: Teknologi Maju dan Pekerja Terampil” (lth/din)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *