Jakarta –

Ada yang bilang mobil berpenggerak roda depan atau front wheel drive tidak kuat menanjak tanjakan. Apakah itu benar atau hanya mitos belaka?

Semakin banyak mobil berpenggerak roda depan (FWD) bermunculan. MPV Toyota yang dulu dikenal berpenggerak roda belakang (RWD), seperti Avanza dan Innova, kini juga berpenggerak roda depan.

Dalam hal berkendara, mobil FVD tampaknya kurang bertenaga di tanjakan dibandingkan mobil RVD. Mitos atau kenyataan? Profesional keselamatan berkendara sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubhu mengatakan, saat menanjak, mobil dengan pintu depan atau belakang tidak masalah. Selain itu, jika kondisi jalan bagus, mobil FVD tidak akan kesulitan saat menanjak.

“Kalau semuanya tidak ideal, termasuk pengemudi yang mudah panik, dan traksi kurang seolah jalan licin, kondisi itu (traksi belakang) akan menguntungkan.” Tapi kalau semuanya ideal, kemiringannya tinggi, bannya ideal. , pengemudi pun tahu segalanya, penggerak roda depan tidak ada masalah,” kata Jusri baru-baru ini.

Untuk menaklukkan tanjakan, kata Yusri, seorang pengemudi harus menguasai teknik dengan baik meski mengendarai mobil berpenggerak roda belakang. Yang terpenting adalah menjaga momentum.

“Usahakan jangan melambat saat di tanjakan. Ini untuk menjaga jarak agar tidak melambat. Kalau terlalu kencang pasti akan melambat saat kendaraan di depan. Memperlambat atau berhenti.” jaraknya agar bisa terus menjaga momentum,” ujarnya.

“Pergerakan ini akan menimbulkan momen. Jadi momen ini akan membuat bobot kendaraan menjadi lebih ringan, karena ada pergerakan momen dan bukan sekedar pergerakan mesin. Artinya beban pada mesin akan berkurang,” jelas kelebihan Yusri. mobil FVD

Selain mendaki bukit, mobil berpenggerak roda depan diketahui punya banyak keunggulan. Salah satu kelebihan mobil berpenggerak roda depan adalah tenaganya lebih responsif dan mesinnya lebih irit bahan bakar. Soalnya komponen mulai dari mesin/transmisi hingga roda belakang sangat pendek.

Hal ini membuat aliran tenaga mesin lebih lancar dan tidak terlalu mengganggu. Hasilnya, mesin FVD seringkali memiliki daya tarik lebih dan lebih hemat bahan bakar. Keunggulan lain dari mobil FVD adalah lebih ringan karena komponen cakramnya lebih sedikit. Selain itu, mobil FVD memiliki kabin yang lebih lega, karena tidak ada banyak komponen gardan di bawah lantai, seperti pada mobil berpenggerak roda belakang.

Lihat “Pilih penggerak roda depan atau penggerak roda belakang? Ini kelebihan dan kekurangannya” (kering/mhg)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *