Jakarta –
Read More : Rumah Tradisional Betawi Makin Sedikit, Untung Masih Ada di Setu Babakan
Piloting merupakan salah satu profesi yang dikenal penting dalam dunia penerbangan. Tugas membawa pesawat dengan selamat bersama penumpang ke tujuan merupakan tanggung jawab besar yang berada di pundak pilot.
Namun bukan hanya pilot saja yang harus menjamin keamanan dan kenyamanan pesawat. Ada pegawai maskapai penerbangan atau biasa disebut penumpang bandara yang juga berperan penting dalam menjamin keselamatan penerbangan.
Menurut beberapa sumber, ground staff atau pramugari bandara merupakan pegawai yang dipercaya oleh maskapai penerbangan untuk menunjang operasional penerbangan di bandara atau di area apron tempat pesawat beroperasi di bandara tersebut.
Ada banyak pekerjaan yang dikategorikan sebagai ground staff atau lalu lintas bandara, antara lain petugas tiket dan reservasi, check-in maskapai penerbangan, meja check-in, petugas hubungan pelanggan (CRO), ground handler (ramp) dan Pelatihan Manajer Keamanan Bandara dan Pelatihan Lion. Center Development Group Captain Taufik Hidayat Ground Officer merupakan orang yang mendukung agar penerbangan dapat sukses dan nyaman bagi penumpang.
“Staf darat di bandara bukanlah manajemen, mereka adalah orang-orang yang mendukung kesuksesan maskapai. Baik itu ticketing, guest relation, flight check-in desk, mengatur bagaimana penumpang bisa sampai di sana, security dengan ground staff juga ada, orang lain yang tugasnya mendorong pesawat, “kata Kapten Taufik kepada detikcom beberapa waktu lalu.
Selain itu, ada pekerjaan lain yaitu Flight Operator (FOO) yang bisa dikatakan sangat penting dalam dunia penerbangan. Menurut Kapten Taufik, FOO adalah seseorang yang bertugas melakukan operasional bandara secara profesional.
“FOO di bandara itu bukan manajemennya, tapi orang-orang yang mendukung maskapai itu sukses. FOO-nya (harus) profesional, siapa pun yang bekerja adalah pelanggan kita. Jadi siapa pun, kita diperlakukan dengan sangat baik,” imbuhnya.
FOO juga harus memiliki keterampilan dalam pekerjaannya. FOO harus menjalani pelatihan khusus sebelum ditayangkan. Pasalnya, FOO harus mengurus seluruh jadwal dan pesan penerbangan agar penerbangan berjalan lancar dan terencana.
Lanjut Kapten Taufik, staf darat FOO selalu mempersiapkan dan memantau lebih dari satu jalur penerbangan suatu pesawat, mulai dari awal rencana penerbangan hingga pesawat tiba di bandara tujuan. Ini digunakan oleh masing-masing FOO sesuai dengan kapasitas kerjanya.
“Mereka melacak jam operasional, mereka melihat kemampuannya dalam (mengelola) jalur penerbangan pesawat, kalau bisa melacak jalur penerbangan pesawat, baru mereka tambah,” ujarnya.
Tak hanya FOO, anggota polisi lainnya pun tak kalah penting dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Sama seperti relasi tamu yang check out di konter. Menurut Kapten Taufik, merekalah yang menjadi penentu baik atau buruknya pesawat sehingga perannya penting bagi kenyamanan pesawat.
“Panduan resmi situs ini adalah bagaimana menjadikan mereka profesional, siapa pun yang kami layani adalah pelanggan kami, jadi kami memperlakukan semua orang dengan baik. Yang penting bagaimana melakukannya, bagaimana melakukannya dengan berpakaian yang baik, agar kita bisa menjaga citra. perusahaannya,” kata.
Untuk memastikan pekerjaan staf lapangan yang andal, Lions Club melatih mereka dengan kurikulum dan pelatihan yang bertanggung jawab. Kapten Taufik mengatakan, pelatihan personel Lion Team di Pusdiklat Lion Team dilakukan sesuai ketentuan dan dapat meningkatkan keterampilan para peserta pelatihan.
“Apakah orang-orang yang bergabung di Lion sudah sesuai dengan pekerjaannya sebelumnya? Ada yang namanya Standarisasi pelatihan, itu dibakukan di LGTC (Lion Group Training Center). Jadi semua, yang punya pengalaman atau tidak, tetap berlatih. Banyak dari kami pelatihan berdasarkan ketenagakerjaan,” ujarnya. Saksikan video “Temukan Manfaat ‘Cabin Book’ yang diluncurkan oleh Air Lion Group” (ncm/ega)