Jakarta –
Mitsubishi Triton yang baru diluncurkan di Indonesia menggunakan mesin baru berkode 4N16. Apa yang spesial dari mobil baru ini?
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. Kendaraan niaga ringan yang telah diadopsi masyarakat Indonesia selama 22 tahun ini hadir dengan mesin, fitur, dan perlengkapan terkini yang dapat diandalkan dalam aktivitas bekerja.
Selain desain baru dan penampang sasis yang 65 persen lebih besar, Mitsubishi Triton mendapat mesin baru. Mitsubishi All-New Triton kini hadir dengan mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro 4 yang lebih bertenaga dan efisien. Mobil tersebut mempunyai tenaga maksimal 184 PS dan torsi 430 Nm.
Mesin baru tersebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan mesin Mitsubishi Triton sebelumnya yang menggunakan mesin 4N15 dan 4D56. Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan berat dan area komersial yang selalu menjadi ‘makanan’ Mitsubishi Triton, yakni perkebunan dan pertambangan.
Berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 disediakan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga tertinggi. Meski ditawarkan dengan satu mesin, namun tenaga dan torsi maksimal yang tersedia di setiap varian berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan sesuai variasi masing-masing.
“Kami menyesuaikan kebutuhan pengguna dan karakteristik bisnis masing-masing, khususnya varian HDX dengan tenaga rendah, torsi kuat, dimana mereka membutuhkan respon cepat dan membutuhkan tenaga lebih besar. Pada saat yang sama, kami juga berupaya meningkatkan kemampuan efisiensi” mobil menjadi lebih baik di setiap variannya, sehingga kami sesuaikan dengan kebutuhan pengguna di setiap variannya,” ujar Direktur Divisi Strategi Produk PT MMKSI Hikaru Mii.
Mesin 4N16 memiliki banyak keunggulan dibandingkan mesin 4N15. Pertama, bentuk bagian atas piston 4N16 disempurnakan sehingga lebih ringan, gesekan lebih sedikit, dan mampu meningkatkan kinerja pendinginan di ruang bakar.
Selain itu, mesin 4N16 memiliki perbedaan pada supply pump dan injector. Kemudian, bentuk saluran masuknya kini lebih optimal. Selanjutnya, gunakan katup pengatur oli variabel. Kombinasi ini membuat mesin 4N16 lebih potensial dari segi performa, terutama torsi tinggi di bagian bawah yang membuat akselerasi mobil lebih cepat saat start dengan beban penuh.
“Kelebihan mobil ini adalah ECU Mapping, jadi ECU Mapping itu protagonisnya, seperti filter bahan bakar dan injektor, kita belajar dari 4N15. 4D56 dipakai selama 36 tahun, dan konversinya ada di 4N15 dan berhasil. .Pada Pajero Sport dan Triton sebelumnya banyak yang menjadi sorotan, VGT bisa melakukan banyak variasi, sehingga keawetan mesin lebih baik. Filter yang dimodifikasi dan sabun perawatan berkala yang ditentukan terlebih dahulu, ini bermanfaat untuk penambangan. bisnis,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia. Saksikan video “Review Mitsubishi All New Triton HDX: Paling Basic, Namun Paling Menarik!” (rgr/kering)