Jakarta-

Mitsubishi Xpander Hybrid sangat dekat dengan Indonesia. Meski demikian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih menunggu “hilal” atau tanggal pasti kedatangan mobil ini di Indonesia.

Atsushi Kurita, selaku Presiden dan Direktur MMKSI mengatakan, sejak bertugas di sini, dirinya sudah mendapat pertanyaan mengenai kapan Xpander Hybrid akan dibawa ke Indonesia.

“Saya datang ke Indonesia setahun yang lalu, saat itulah saya mendapat pertanyaan (kapan Xpander Hybrid akan dibawa ke Indonesia?),” kata Kurita.

Menurutnya, selain Xpander Hybrid, Mitsubishi tengah menyiapkan XForce bermesin hybrid. Namun di pasar ASEAN, mobil Mitsubishi ramah lingkungan baru pertama kali dijual di Thailand. Alasan mereka memilih Thailand sebagai “rumah” model elektrifikasi mereka adalah karena berbagai manfaat yang telah diraih oleh pemerintah setempat.

Sebenarnya Xpander Hybrid sudah diluncurkan di Thailand dan rencananya akan segera hadir versi hybridnya. Di Thailand ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid di Indonesia, kata Kurita.

Lalu saat ditanya kapan tepatnya Mitsubishi Xpander Hybrid akan hadir di Indonesia, MMKSI menjawab sangat siap menghadirkan mobil tersebut saat ini juga. Namun kami masih menunggu perkembangan mobil hybrid di Indonesia dan lampu hijau dari prinsipal.

“Kapan kita bawa ke Indonesia? Tergantung perkembangan mobil hybridnya. Saya belum bisa bilang sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa bilang, secara teknis kami menunggu indikasi dari pelanggan dan permintaan masyarakat. Indonesia. Mitsubishi pada dasarnya sudah siap untuk hybrid dan tinggal menunggu waktu yang tepat,” ujarnya.

Perlu diingat Mitsubishi Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid menggunakan mesin baru. Tak lagi menggunakan mesin 1.500 cc, versi hybrid menggunakan mesin 1.600 cc yang dipadukan motor listrik dan baterai.

Mesin MIIVEC4 1.6L DOHC 16-katup yang baru dikembangkan mengadopsi siklus rasio ekspansi tinggi atau siklus Atkinson untuk mencapai tingkat efisiensi pembakaran yang lebih tinggi. Mobil ini juga menggunakan pompa air listrik yang awalnya digunakan oleh Mitsubishi Motors untuk mengurangi kerugian mekanis.

Xpander Hybrid diklaim lebih irit sekitar 34% saat berkendara di perkotaan sesuai prosedur pengujian New European Driving Series (NEDC), dan sekitar 15% saat berkendara di perkotaan dan rute gabungan.

Sistem hybridnya menggunakan baterai 1,1 kWh bersama transmisi e-CVT. Tenaganya disalurkan ke roda depan. Akselerasi 0 hingga 100 km/jam mampu dituntaskan dalam 9,7 detik. Konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 19,2 km/liter.

Simak Video “Mitsubishi XFORCE Full Test: Harganya ‘Mahal’, Apa Kelebihan Mobil Ini?” (mg/kering)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *