Jakarta –
15 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) sukses mencuri perhatian pada acara Sambung Listrik 2024 yang digelar pada 20-22 November 2024 dan dihadiri lebih dari 15.000 pengunjung, suatu berkah. untuk UMKM.
Salah satu UMKM binaan Unit Distribusi Primer (UID) Jakarta Raya Nusaipa PLN yang menjual produk tradisional seperti nasi kangur, kunyit asam, rosella, teh telang, wedung jahe, dan mppon-mpon.
Pemilik UMKM Botanical Nusaipa asal Jagakarsa, Jakarta Selatan ini mengaku pada acara Hariani Penyambungan Listrik 2024 ini, ia mampu meraup lebih dari 600 persen pendapatannya per hari dibandingkan rata-rata penjualan harian. Di hari biasa, penghasilannya rata-rata Rp300 ribu per hari.
Namun dalam acara tersebut, ia berhasil meraih omzet lebih dari Rp 2 juta per hari.
“Kami sangat bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara pertumbuhan ini. Banyak wisatawan, termasuk dari luar negeri, yang tertarik untuk mencoba produk kami,” kata Hariani dalam keterangannya tertanggal Selasa (26/11/2024).
“Ini merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui minuman tradisional,” lanjutnya.
Menurut Hariani, pemilik usaha Gracie Neobi Vidyani pun mengaku bersyukur bisa mengikuti Penyambungan Listrik 2024. Selama tiga hari, produk Bembek miliknya masih diminati pengunjung lokal maupun mancanegara.
“Saya tidak menyangka animo penonton Electricity Connect 2024 begitu besar. Selama tiga hari, pendapatan kami mampu meningkat 500% dibandingkan penjualan di hari biasa,” kata Vidyani.
“Dengan hadirnya Neophy Creations pada acara ini, kedepannya akan lebih dikenal oleh masyarakat,” lanjutnya.
Sementara itu, Direktur Utama PLN Dharmawan Prasodjo mengatakan PLN terus mendukung para pelaku UMKM untuk naik kelas dan meningkatkan usahanya. Oleh karena itu, pihaknya rutin mengundang para pebisnis untuk mengikuti berbagai event nasional dan internasional yang diselenggarakan perseroan.
“Sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, Electricity Connect 2024 menjadi kesempatan bagi UMKM binaan kita untuk menampilkan produknya ke pasar global,” kata Darmawan.
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengatakan event internasional seperti Electricity Connect 2024 merupakan salah satu wadah bagi UMKM yang dilatih untuk memperluas pasarnya. Selama tiga hari Sambung Listrik 2024, 15 UMKM binaan PLN terbukti sukses meraup ratusan juta rupiah dari penjualan lebih dari 6.000 unit berbagai jenis masakan Indonesia.
“Pendapatan yang diperoleh UMKM dalam tiga hari ini menunjukkan betapa populernya kuliner khas Indonesia di pasar domestik dan internasional. Kami bangga UMKM binaan PLN telah memberikan kontribusi nyata dan menjadi duta budaya melalui produk makanannya,” kata Lasiran .
Menurut Lasiran, keikutsertaan UMKM binaan PLN dalam acara ini menunjukkan semangat ketahanan dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya lokal. Ke depan, organisasinya berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan usaha UMKM melalui berbagai program pelatihan, pendidikan, dan pengembangan usaha.
“Kami yakin partisipasi ini akan membuka peluang produk lokal memasuki pasar internasional dan mendukung pertumbuhan UMKM sebagai penggerak pembangunan perekonomian negara,” tutupnya. Simak video “Mau Jualan Pizza? Simak Tips Berikut” (prf/ega)