Jakarta –
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola yang baik. Baru-baru ini BRI dinobatkan sebagai “The Trusted Company” dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan majalah SWA.
Acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Tema pemberian penghargaan ini adalah “Membangun pengembangan perusahaan dalam kerangka tata kelola yang baik”.
Direktur Utama BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan, penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola yang kuat dan adaptif dalam menghadapi tantangan yang semakin meningkat.
“Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa BRI mampu menjaga standar manajemen terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak diterapkan secara formalitas namun sudah menjadi bagian integral dari penerapan budaya perusahaan di BRI. terus berkembang, memberikan pemangku kepentingan untuk memberikan nilai tambah dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” kata Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis. (28.11.2024).
Pada tahap evaluasi diukur tiga aspek yaitu struktur kepengurusan, proses pengelolaan dan kinerja pengelolaan, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti CGPI Awards sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor penerapan GCG BRI semakin meningkat, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menerapkan GCG secara terus menerus dan berkesinambungan hingga mencapai skor terbaik.
Pada pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori “Sangat Terpercaya” dengan perolehan nilai tertinggi di antara seluruh peserta ajang evaluasi CGPI. Dengan perolehan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaan dinilai memiliki praktik manajemen yang sangat baik berdasarkan standar pengujian CGPI.
Lebih lanjut Solichin menambahkan, penghargaan ini tidak hanya sekedar simbol, namun juga menjadi insentif untuk terus mengupayakan yang terbaik.
“BRI meyakini tata kelola perusahaan yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai lembaga keuangan terpercaya, namun juga berkontribusi terhadap penciptaan nilai berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” ujarnya.
Perusahaan peserta CGPI 2023 telah menyelesaikan seluruh tahapan penilaian. Pada tahap self-assessment, dilakukan pengumpulan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 7.300 orang yang mewakili 23 pihak dari internal dan eksternal perusahaan peserta. BRI mampu menunjukkan konsistensi yang sangat baik pada seluruh parameter yang dinilai sehingga menjadi tolak ukur tata kelola perusahaan di Indonesia.
Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga dirasakan oleh anak-anak perusahaan dalam Grup BRI. BRI berhasil mendukung dan mendorong perusahaan-perusahaan anak untuk memperkuat penerapan GCG di masing-masing perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh anak usaha BRI pada CGPI Indonesia Trusted Companies Award 2024 dibandingkan pemeringkatan tahun sebelumnya.
Lihat juga video: Detikcom Awards 2023: BRI Raih Beragam Penghargaan Kinerja Terbaik untuk Indonesia
(prf/ego)