Jakarta –

Kementerian Komunikasi dan Komunikasi Digital (Komdigi) memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2025. Upaya dilakukan untuk memantau dan mengantisipasi gangguan.

Alhamdulillah saya sudah bangun, kemarin kami melakukan pengukuran kualitas QoS (quality of service) pada tanggal 16-20 Desember untuk empat operator seluler dan hasilnya bagus, kata Dany Suwardany A, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Itu. Komunikasi dan Teknologi saat meninjau Pusat Pengawasan dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi, Selasa (24 Desember 2024).

Dalam laporannya, Dhani mengungkapkan Komdigi memperkirakan peningkatan trafik telekomunikasi saat Natal kali ini akan meningkat 7-20% dibandingkan tahun lalu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan operator.

“Kami mengirimkan surat untuk mengantisipasi peningkatan trafik, meminta mereka memperkuat kapasitas jaringan,” kata Dany.

Operator telekomunikasi di Tanah Air pun menanggapi surat ini. PT Telkom disebut telah menyiapkan kapasitas internet sekitar 56,7 terabyte per detik.

Telkomsel menambah atau meningkatkan kapasitas gateway sebesar 15,73 terabyte per detik dan kapasitas internet sebesar 13,4 terabyte per detik. Untuk Indosat, Ooredoo Hutchison (IoH) juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 30% dari kapasitas reguler atau normalnya.

Sementara XL menyatakan telah menyiapkan kapasitas jaringannya 2 kali lipat dari kapasitas normal. Smartfren mempersiapkan kapasitas jaringannya dengan meningkatkan kapasitas sekitar 1,1%.

Selain penguatan kapasitas jaringan, Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di point of interest (POI) seperti pusat perbelanjaan, terminal, bandara, tempat wisata, tempat ibadah, dan jalan tol baik Jakarta-Surabaya maupun Jakarta-Palembang.

Operator juga mengambil tindakan pencegahan lain dalam bentuk BTS seluler untuk pusat kota yang sibuk. Tak berhenti sampai disitu, mereka juga rutin menjalankan drive test untuk memastikan kualitas jaringan tetap terjaga selama Natal.

Selain itu, operator juga telah menyiapkan posko di bandara dan stasiun, pusat komando dan call center untuk memberikan layanan pelanggan 24 jam, kata Dany.

Selain operator seluler dan penyedia broadband Telkom, Komdigi sendiri melakukan pengukuran kualitas layanan (QoS), khususnya pada jalur pulang pergi Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Palembang.

Mengukur kualitas layanan akses Internet berdasarkan parameter bandwidth, bandwidth download, dan bandwidth upload. Selain itu, ada parameter lain seperti kekuatan sinyal.

“Jadi untuk hasil pengukuran yang kami lakukan pada tanggal 16 sampai 22 Desember di Tol Jakarta-Surabaya, jika dilihat dari hasil pengukuran throughput layanan download secara umum sudah baik,” jelas Dany.

“Hasilnya kita serahkan ke operator seluler. Ada beberapa poin yang perlu ditingkatkan kualitasnya, tapi jangan terlalu banyak, di bawah setengah, jangan terlalu banyak, hanya beberapa poin saja. Yang penting area idle adalah KM 166,” tutupnya. Saksikan video “Video: PHK 10 pekerja Komdigij karena Judol” (rns/rns)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *