Jakarta –
PT Pos Indonesia meluncurkan Pusat Edukasi dan Literasi Digital ‘PosAja! di Indonesia untuk merangkul digital dan kemajuan di kelas.
“Saya berharap platform seperti Pusat UMKM dapat mencapai tujuan UMKM menjadi digital dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UMKM berperan penting dalam penyerapan tenaga kerja, dimana 99% kegiatan usaha di Indonesia dilakukan oleh UMKM. potensi besar bagi UMKM untuk dikembangkan khususnya dalam bentuk digital,” kata Manajer Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Tonggo Marbun, Jumat (19/7/2024).
Tongo menjelaskan, peserta UMKM yang hadir sekitar 300 orang dari seluruh Jatim. Acara ini juga bertujuan untuk membantu mempromosikan produk UMKM dan meningkatkan pengetahuan pelaku mengenai pentingnya adaptasi digital.
“Bukan hanya pasar UMKM Jatim saja. Kami juga mengadakan workshop UMKM dengan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya. Salah satunya dari e-commerce Shopee, dimana perusahaan UMKM yang berpartisipasi akan berkesempatan untuk mengetahui penjualan yang berhasil. Strategi niaga dan ekspor produk lokal diharapkan para pelaku UMKM memahami cara mendigitalkan bisnis UMKMnya. yang bisa didapat pada festival ini agar para pelaku UMKM bisa naik kelas dan mendunia,” tambah Tongo.
Seiring berkembangnya teknologi, kehadiran e-commerce menjadi penting dalam memajukan perusahaan e-commerce. Salah satu perusahaan e-commerce lokal yang terus mendunia adalah Shopee.
Daniel Minardi, Business Partnerships Manager Shopee Indonesia mengatakan, Shopee memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memasarkan produknya ke luar negeri melalui program ekspor Shopee.
“Shopee berkomitmen untuk menjadi mitra dalam setiap perjalanan UMKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan perusahaan UMKM lainnya melalui berbagai program dukungan kami, salah satunya adalah Program Ekspor Shopee, di mana mereka dapat mengalihkan penjualan produknya ke pasar luar negeri. seperti Asia Timur, Asia Tenggara” dan Amerika Latin sejauh ini sudah ada 26 juta produk UMKM lokal yang dikirimkan bersama Shopee,” jelasnya.
Daniel mengapresiasi kolaborasi lembaga seperti Shopee dan PT Pos Indonesia penting dalam mendorong pesatnya pertumbuhan perusahaan UMKM lokal di era digital. Dengan program Jaminan Tepat Waktu, Shopee dan PT Pos Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Khususnya dalam memberikan layanan pengiriman tepat waktu dan terjamin kepada pelanggan PT Pos Indonesia di platform Shopee.
“Pos Indonesia merupakan salah satu mitra kami yang membantu UMKM terhubung dengan pelanggan di Indonesia. Untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik, baru-baru ini Shopee dan Pos Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama proyek Jaminan Tepat Waktu,” tutupnya. Saksikan video “Tips UMKM Bagi Perempuan yang Ingin Memulai Bisnis” (ncm/ega)