Jakarta –

Reborn dan Zenix pun turut andil menjadikan Kijang Innova sebagai mobil terlaris di Indonesia. Jadi mana yang lebih laku di antara keduanya?

Kijang Innova masih menyandang singgasana sebagai mobil terlaris di Indonesia periode Agustus 2024. Angka penjualan Kijang Innova masih belum bisa dilampaui model lainnya. Dalam data distribusi grosir yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Innova mencapai 6.537 unit.

Sebagai informasi, skor penjualan grosir Kijang Innova meliputi dua model yakni Reborn dan Zenix. Ya, meski Zenix merupakan generasi terbaru, Toyota tetap menghadirkan versi reborn diesel dan bensin. Mana yang lebih bagus untuk dijual antara Reborn dan Zenix?

Dari segi penjualan, Kijang Innova Zenix tercatat lebih tinggi. Distribusi Innova Zenix pada Agustus 2024 mencapai 3.759 unit sedangkan Innova Reborn 2.778 unit. Bahkan jika dihitung dari awal tahun, Kijang Innova Zenix lebih unggul. Pada periode Januari hingga Agustus, Toyota mendistribusikan 24.427 unit Zenix ke seluruh dilernya. Sedangkan Kijang Innova Reborn selama delapan bulan sudah terkirim 16.777 unit.

Meski sama-sama mengusung nama Innova, namun keduanya sama sekali berbeda. Bicara soal mesin, Kijang Innova Reborn juga menawarkan pilihan mesin diesel dan bensin. Kijang Innova Reborn Diesel mengusung mesin FTV 2 GD berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm tersedia di kisaran 1.200-2.800 rpm.

Kijang Innova Reborn bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensinnya mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova Petrol ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

Saat ini Kijang Innova Zenix menawarkan dua pilihan. Yang pertama adalah mesin konvensional dan yang lainnya adalah mesin hybrid. Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) yang disokong motor listrik bertenaga 113 PS dan tenaga 20 Nm. 205,9nm. Alhasil, tenaga gabungannya mencapai 186 PS. Versi bensin mengusung mesin M20A-FKS yang bertenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm pada rentang 4.500-4.900 rpm.

Bagi Toyota, Kijang Innova memang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Apalagi keawetannya sudah terbukti. Itu sebabnya Innova menjadi salah satu mobil legendaris Tanah Air.

Kijang Innova secara keseluruhan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Konsumen sudah mempercayai Kijang sendiri sejak tahun 1977, kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandi kepada Detikoto belum lama ini.

Keduanya tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimana kalau lebih memilih Kijang Innova Reborn atau Zenix? Simak Video “Dipakai Paus Fransiskus dan Jokowi, Apa Saja Fitur Innova Zenix Hybrid?” (kering / kering)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *