Jakarta –
Read More : Pioli: Milan Sulit untuk Juara Liga Champions Lagi, tapi…
Dorna telah mengumumkan aturan final untuk MotoGP 2027. Salah satu perkembangan terpentingnya adalah kapasitas mesin akan diturunkan dari 1000 cc menjadi 850 cc. Lantas kenapa aturan ini baru diterapkan pada musim 2027?
Menanggapi pertanyaan tersebut, MotoGP telah membuat artikel tanya jawab tentang aturan baru yang akan datang. Menurut pihak MotoGP, regulasi tersebut baru berlaku pada 2027 karena harus diuji sekarang dan masih dalam perjanjian regulasi lama.
“Di MotoGP kami bekerja dalam jangka waktu lima tahun dan perjanjian (peraturan) saat ini akan berakhir pada tahun 2026. Karena perubahan besar pada tahun 2027, perubahan tersebut perlu didiskusikan dan disepakati dengan semua orang, dan kemudian Anda perlu waktu untuk menguji semuanya. .sebelum memulai, setelah implementasi, akan memakan waktu lima tahun: jadi 2027-2031,” tulis MotoGP.
Menariknya, MotoGP mencatat bahwa sebelum peraturan baru diberlakukan, semua pihak harus sepakat. Lantas, apakah semua pihak sudah sepakat untuk bersaing dengan mesin inferior di tahun 2027?
Menurut pihak MotoGP, seperti kesepakatan sebelumnya, semua pihak sudah menyetujui kesepakatan baru ini. Faktanya, mereka mempublikasikan semua proses secara transparan.
“Sistem konsesi baru yang diperkenalkan pada akhir tahun 2023 adalah yang terbaik untuk olahraga ini di masa depan, bahkan mereka yang berpedoman pada regulasi saat ini pun menyetujuinya,” tulis MotoGP.
“Usulan yang disampaikan ke produser sebagian besar langsung disetujui, sisanya konsensus. Semua yang dicetak disetujui 100%, bulat dan disetujui,” ujarnya.
Perlu diketahui, peraturan baru MotoGP 2027 mencakup pengurangan kapasitas mesin. Hal ini akan mengurangi kecepatan puncak mesin.
Jadi olahraga ini akan lebih aman. Apalagi jalan bisa ditingkatkan agar lebih efisien dan tahan lama.
Selain itu perubahan lain yang dilakukan adalah pada bahan bakar. MotoGP 2027 akan menggunakan 100% bahan bakar ramah lingkungan, meningkat 40% dari jumlah minimum yang digunakan sejak tahun 2024.
Seiring dengan pergantian bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pelari dapat menggunakan 11 liter dalam lomba lari cepat. “Jorge Martin senang dengan sprint race, yakin dengan tantangan MotoGP Qatar” (mhg/rgr)