Jakarta –

Tingginya tingkat populasi membuat banyak produsen mobil mempertimbangkan pentingnya pasar Indonesia. Namun mengapa masih banyak pabrik yang tidak segera meluncurkan mobil barunya di Indonesia?

Menjawab pertanyaan tersebut, Hajime Sasaki selaku General Manager Sales and Marketing Subaru Corporation Jepang mengatakan bahwa semua produk barunya bisa diluncurkan di semua negara dalam waktu bersamaan. Namun hal ini sulit dilakukan. Karena setiap negara mempunyai kepentingan yang berbeda terhadap produk dan peraturan emisi yang berbeda.

“Saya kira tergantung produknya, karena banyak engineer yang terlibat dalam pengembangan produk dan mereka harus memikirkan waktu peluncurannya di banyak area. Tidak hanya untuk pasar Jepang atau Indonesia, tapi juga untuk Amerika Serikat dan Eropa dan banyak negara. Di seluruh dunia,” kata Hajime kepada detikcom.

“Jadi yang terbaik adalah mobil itu diluncurkan pada waktu yang sama di mana saja. Namun saat ini hal itu masih belum bisa dilakukan, karena semua tergantung regulasi dari berbagai daerah dan undang-undang emisi yang kini semakin sulit setiap tahunnya,” ” dia melanjutkan.

Situasi ini membuat Subaru Corporation Jepang semakin piawai dalam berstrategi. Nampaknya beberapa produk yang ada di Indonesia sudah diluncurkan di pasar internasional.

Misalnya saja Subaru Outback yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Motor Show 2023 yang sudah lama diluncurkan di seluruh dunia. Subaru bahkan telah meluncurkan Crosstrek dengan mesin e-Boxer Hybrid di Singapore Motorshow awal tahun 2024.

Namun perlu diingat, Subaru sudah lama kehilangan konsumen Indonesia. Hal ini membuat mereka berlari kencang untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

“Indonesia di ASEAN pasti pasarnya besar (untuk mobil). Tapi sayangnya kami sudah lama tidak ke sini untuk menjual mobil dan kami juga kehilangan banyak kesempatan untuk menjelaskan tentang Subaru,” kata Hajime.

“Tetapi kini kami dan Plaza Auto kembali hadir, di pasar nomor satu di ASEAN. Jadi tujuan utama kami adalah mendapatkan lebih banyak pelanggan dari Indonesia. Dan kami mempunyai ekspektasi yang besar terhadap pasar Indonesia dari kawasan ASEAN,” ujarnya. . .

Tonton video “Mitsubishi Akan Luncurkan SUV Baru di GIIAS 2023” (mhg/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *