Jakarta –

Bulan ini, kereta peluru Whoosh telah berjalan hampir setahun. Berikut catatan-catatan yang diterbitkan KCIC selama periode tersebut, termasuk kerjasama dengan pengelola pusat pariwisata.

Menurut situs resmi KCIC atau Indonesia China High Speed ​​​​Railway, operasional perdagangan Whoosh akan dimulai pada 17 Oktober 2023. Sebelumnya, pada 2 Oktober 2023, Jokowi membuka Whoosh di Stasiun Halim Jakarta. Pembukaan tersebut menandai selesainya seluruh pembangunan proyek Kereta Cepat Indonesia dan memperkenalkan nama baru Kereta Cepat Indonesia, Whoosh (Penghematan Waktu, Pengoperasian Optimal dan Sistem Unggul), yang dahulunya Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Whoosh ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 (Perpres). Dalam perkembangannya, KCIC beroperasi tanpa bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau jaminan dari pemerintah Indonesia.

Pembangunan proyek kereta kecepatan tinggi Whoosh dibiayai oleh pinjaman China Development Bank (75%). Sedangkan pemegang saham 25% yaitu PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) (60%) dan Beijing Awawan HSR Co. Ltd. (40%)

Sebagai operator Whoosh, KCIC telah mencatat beberapa presentasi sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan dan mengubah Whoosh menjadi kendaraan yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. Apa itu? Demikian pesan yang dikirimkan ke detikTravel, Rabu (23/10/2024) pukul 1, pidato yang ditulis KCIC selama satu tahun masa jabatan WhoC. Aksesibilitas dan integrasi antarmoda

KCIC bertujuan untuk meningkatkan integrasi antarmoda dan kemudahan akses ke stasiun dengan meningkatkan aksesibilitas penumpang.

Selain terkoneksi dengan LRT Jabodetabek, Stasiun Halim juga dapat diakses dengan bus Transjakarta, angkutan menuju bandara Halim dan Soekarno Hatta, taksi, serta titik-titik khusus layanan transportasi online. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui pintu keluar Tol Jakarta-Cikampek melalui KM 1+842 dan Jl. DI Panjaitan.

Di Stasiun Padalang, Whoosh terhubung dengan stasiun KAI untuk kereta pengumpan berkecepatan tinggi dan jalur komuter Bandung Raya. Saat ini tersedia bus Trans Metro Pasundan gratis tujuan Alun-Alun Bandung, serta kawasan Kota Baru Parahyangan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan tol Padaleunyi KM 121 yang terhubung dengan Jl. Panaris.

Sementara untuk Stasiun Summarecon Tegalluar, masyarakat kini bisa menikmati angkutan gratis bus Damri tujuan Bandung dan Summarecon Bandung. Pengguna kendaraan pribadi bisa mengakses jembatan Cibiru Hilir yang menghubungkan kawasan Gedebage dan Summarecon Bandung. Layanan pemrosesan tiket

Saat diluncurkan, transaksi tiket Whoosh hanya dapat dilakukan di loket, mesin tiket, website, dan aplikasi Whoosh. Kini transaksi tiket juga bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi seperti KAI, Livin, Mandiri, BRImo dan BNI Mobile Banking. Dalam waktu dekat, transaksi juga dapat dilakukan melalui agen perjalanan.

KCIC telah menerbitkan kartu berlangganan Whoosh atau kartu frequent Whooser yang dapat dibeli di stasiun Halim, Padalarang dan Tegalluar Summarecon untuk pengguna reguler. Sekitar 1.900 kartu telah terjual sejauh ini.

Kenyamanan juga diberikan bagi penumpang yang ingin menyesuaikan perjalanannya dengan Whoosh. KCIC telah ditingkatkan dengan menyediakan layanan pemesanan dan pembatalan online. Untuk memberikan fleksibilitas kepada penumpang, biaya pembatalan kini akan segera dikembalikan pada hari yang sama. Pengembangan bisnis gratis

KCIC terus mengembangkan bisnis non-tariff box dan menjalin kemitraan strategis dengan berbagai mitra bisnis. Bisnis non-tarif KCIC meliputi penyewaan ruang komersial, hak penamaan stasiun, periklanan, pusat kegiatan dan pengelolaan parkir di sekitar Stasiun Whoosh.

Hingga saat ini, terdapat 80 mitra yang bermitra untuk menyewa ruang komersial di berbagai stasiun KCIC. Kehadiran tenant-tenant ini meningkatkan kenyamanan penumpang di stasiun4. Kerjasama destinasi wisata

Untuk mendukung industri pariwisata dan menarik masyarakat menggunakan Whoosh, KCIC bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah setempat dan pelaku industri pariwisata. Kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di sepanjang Jalan Whoosh untuk mendorong pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Saat ini terdapat 14 tempat wisata yang menawarkan program diskon tiket masuk gratis dengan menunjukkan tiket Whoosh Anda. 14 pusat wisata:

1.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ Pasar Terapung: Gratis masuk 5.⁠Asia Afrika: Gratis masuk 6.⁠Farmhouse Susu Lembang: Gratis masuk 7.⁠Wahoo Waterworld: Jumat diskon 10% 2 dapatkan 1.⁠WSwiss-belhotel: hotel dan F&B12- diskon 15% Hotel : Diskon 15% untuk hotel dan F&B13. ⁠3Seconds: diskon 10% untuk Produk Lucky 14. ⁠ Par Salon Hills: diskon 20% untuk F&B5. Layanan tiket kelompok dan program pendidikan perjalanan

KCIC kini telah memperkenalkan layanan pemesanan perjalanan grup melalui nomor Whatsapp 0815-1032-0909. Hingga saat ini, KCIC telah mengirimkan sekitar 3.500 kunjungan kelompok. Jumlah tiket yang dipesan maksimal 3.000 kursi per transaksi atau grup.

Melalui layanan ini perjalanan rombongan seperti berlibur, rapat, study tour atau kegiatan lainnya tidak akan ada kendala dalam mendapatkan tiket kereta Whoosh Express dan perjalanan rombongan lebih terjamin memiliki tempat duduk yang berdekatan.

Khusus bagi pelajar yang akan melakukan studi wisata, KCIC siap memberikan tarif khusus dan paket layanan menarik. Total ada lebih dari 150 sekolah yang mengikuti Edutrip ini

Selama satu tahun masa jabatan Whoosh, pelayanan terhadap penumpang prioritas, khususnya penyandang disabilitas, terus ditingkatkan. Sekitar 10.500 penumpang prioritas terdaftar untuk menggunakan Whoosh.

KCIC melakukan berbagai inisiatif untuk memastikan aksesibilitas dan kenyamanan bagi seluruh penumpang prioritas. Stasiun ini memiliki fasilitas khusus seperti landai, lift, toilet khusus, serta layanan akses bagi penyandang disabilitas. Sedangkan kereta yang memiliki 32 tempat duduk dan toilet penyandang cacat terpisah di kereta keempat. Selain itu, pelatihan staf untuk memberikan layanan inklusif terus ditingkatkan.

Eva Chairunisa, Sekretaris Perusahaan KCIC, mengatakan seluruh inovasi dan peningkatan layanan yang dilakukan tahun ini bertujuan untuk menjadikan Whoosh sebagai sarana transportasi penting bagi masyarakat.

“Jumlah penumpang Whoosh telah mencapai 6 juta orang, angka ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api kecepatan tinggi dengan teknologi canggih yang disediakan oleh Whoosh, serta komitmen KCIC dalam memberikan pelayanan terbaik dan memperluas dampak positifnya terhadap perekonomian masyarakat. dan kesejahteraan masyarakat, katanya. “Video: Kereta berkecepatan tinggi menghubungkan Berlin-Paris dalam 8 jam” (fem/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *