Jakarta –
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan baru terkait jangka waktu refund tiket KA antarkota yang dibatalkan. Pengembalian dana dilakukan selambat-lambatnya tujuh hari setelah tanggal pembatalan.
Penumpang bisa mendapatkan pengembalian dana singkat mulai bulan depan. Sebelumnya, periode pengembalian biaya kartu adalah antara 30 dan 45 hari.
“Perubahan jangka waktu pengembalian biaya tiket ini untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan bagi penumpang setianya,” kata Direktur Humas KAI Johnny Martinus dalam keterangannya. detikTravel, Kamis (30/5/2024).
Untuk memudahkan proses pengembalian, KAI menawarkan beberapa metode. Dana dapat dikembalikan melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang. Menawarkan kemudahan dan kecepatan bagi wisatawan yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital
Bagi traveler yang tidak memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI juga menawarkan solusi sementara berupa pengembalian uang tunai. Pengembalian dana tersebut dapat dilakukan setelah 7 hari sejak tanggal pembatalan di stasiun tertentu yang ditunjuk oleh KAI.
Selain itu, KAI juga mengontrol pengembalian kereta kota yang dioperasikan oleh KAI induk (bukan anak perusahaan). Pengembalian dana dilakukan secara tunai setelah 7 hari sejak tanggal pembatalan. Langkah ini diambil untuk menjamin pelayanan yang cepat dan efisien kepada seluruh penumpang pengguna kereta api antarkota dan dalam kota.
Sedangkan proses pembatalan tiket dapat dilakukan melalui Access pada aplikasi KAI dan di loket stasiun yang menyediakan layanan pembatalan tiket, dengan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% per tiket yang dibatalkan. Penumpang dapat membatalkan tiket di loket stasiun 2 jam sebelum keberangkatan kereta atau 30 menit sebelum keberangkatan kereta.
Dengan kebijakan baru ini, KAI menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Wisatawan yang membatalkan perjalanan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan refund sehingga proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan.
“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi utama mereka,” kata Johnny. Tonton video “KAI Daop 1: 700.000 Kursi Terjual untuk Mudik Lebaran” (fem/fem)