Jakarta –

KAI Logistik menghadirkan rangkaian perubahan transportasi pada Konferensi CEO Kereta Api ASEAN (ARCEOs’ Conference) ke-44 di Bandung, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh para eksekutif delapan perusahaan kereta api di Asia Tenggara.

Doi Wolandari, Wakil Sekretaris Jenderal KAI Logistik, mengatakan dalam rangka mendorong inovasi dan layanan kereta api, KAI Logistik memiliki program layanan khusus berupa pengangkutan limbah B3 hingga pengelolaan batubara dengan menggunakan infrastruktur dan lingkungan modern.

“Kedua layanan tersebut sejalan dengan prinsip kelestarian lingkungan hidup yang juga sejalan dengan motto ARCOs tahun ini,” kata Dowie dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Pengelolaan batubara menggunakan infrastruktur canggih dalam bentuk sistem ban berjalan yang dipadukan dengan pengangkut kontainer untuk memuat batubara ke kapal. Dengan mekanisme ini, batubara dapat disimpan hanya dalam waktu 5-6 jam, yang sebelumnya membutuhkan waktu hingga 30 jam jika menggunakan tempat sampah.

Dengan infrastruktur tersebut, tidak hanya mengedepankan efisiensi waktu, namun juga mendukung kelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang sebelumnya dihasilkan oleh truk sampah dalam kegiatan operasional.

Sedangkan untuk layanan pengangkutan limbah B3, KAI Logistics menawarkan keunggulan layanan limbah B3 menggunakan moda kereta api, antara lain jaminan kecepatan, keselamatan dan keamanan, prosedur yang ketat, empat pengawalan dan pemeriksaan untuk menjamin keselamatan termasuk risiko barang juga. Dibocorkan.

Pengangkutan sampah B3 juga mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Perhubungan.

“KAI Logistik bangga menjadi bagian dari acara ini dan ini adalah saat yang tepat untuk menawarkan seluruh layanan, termasuk layanan premium yang sejalan dengan konsep ESG,” kata Doi.

Selain pengangkutan limbah B3 dan infrastruktur pengelolaan batu bara yang canggih, KAI Logistik juga memperkenalkan layanan kurir digital berbasis software KAI Logistik TRAX yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pelayanan pelanggan.

Melalui program ini, pelanggan dapat melakukan pemesanan, permintaan paket, pengecekan harga, mengetahui lokasi titik layanan, melakukan pelacakan secara real-time, dan melakukan pembayaran digital. (Sesuatu / timah)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *