Jakarta –

Read More : Di Bawah Kepemimpinan Baru, eFishery Pastikan Tidak Punya Utang Bank

Kesadaran merek merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia bisnis selain strategi pertumbuhan penjualan. Pebisnis yang memahami pentingnya brand awareness memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dan mengembangkan perusahaannya dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kesadaran merek diperlukan untuk menciptakan citra perusahaan yang baik agar dikenal oleh target pasar perusahaan dan mendorong loyalitas konsumen. Alhasil, perusahaan dengan brand awareness yang baik akan lebih mudah meningkatkan penjualan dan bersaing dengan kompetitor.

Jadi bagaimana Anda menciptakan kesadaran merek untuk bisnis yang sukses?

Tentukan target audiens sebelum menjual produk

Dengan menciptakan brand awareness, Anda menciptakan citra produk agar melekat di benak konsumen dan mudah dikenali di mana pun. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target audiens produk berdasarkan target pasar. Proses penentuan target audiens inilah yang nantinya memegang peranan penting dalam pemasaran produk.

Tentukan target pasar Anda sebelum memulai bisnis berdasarkan usia, jenis kelamin, latar belakang dan faktor lainnya. Lakukan riset pasar untuk menentukan kebutuhan dan preferensi audiens target bisnis Anda. Cari tahu apa yang sedang menjadi tren saat ini dan bagaimana respon konsumen terhadap tren yang terjadi saat ini.

Ciptakan kepribadian yang kuat

Setelah Anda menemukan target audiens yang ingin dijangkau, langkah selanjutnya adalah menentukan siapa produk yang ingin Anda tawarkan. Tawarkan manfaat produk yang unik untuk membedakan diri Anda dari pesaing. Dalam periklanan, dimulai dari logo produk dan susunan kata, citra produk harus tersampaikan secara terus menerus agar diketahui konsumen.

Nilai tambah yang tidak dimiliki kompetitor juga memberikan karakter unik pada produk bisnis Anda. Karakter unik ini harus diciptakan sejak awal dan dipelihara secara terus menerus agar menjadi karakter yang mudah diingat oleh masyarakat luas. Hal ini akan memberikan produk Anda posisi yang lebih baik di hadapan konsumen.

Terapkan strategi konten yang efektif

Memasarkan produk atau jasa bisnis melalui berbagai platform seperti media sosial, blog, dan website kini menjadi hal yang penting. Pasalnya, platform online menjadi alternatif paling efektif untuk menjual produk komersial dibandingkan iklan tradisional. Namun, Anda perlu memahami keberhasilan pemasaran yang efektif melalui platform ini, yaitu konten yang relevan.

“Pastikan konten produk yang didistribusikan melalui media sosial, media sosial, blog, dan website menarik dan informatif. Informasi produk disampaikan bersamaan dengan pesan merek dan mencerminkan nilai produk yang tinggi. Target – Audiens produk yang perlu mereka ketahui lebih banyak sehingga mereknya akan selalu dikenang,” kata CEO Lincomunica Taradea dalam keterangan tertulis, Senin (22/7/2024).

Membangun hubungan media yang baik

Media massa merupakan sarana penyampaian informasi kepada masyarakat luas. Membantu meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek produk, layanan, atau aktivitas yang dilakukan melalui laporan positif.

Selain itu, hubungan yang baik dengan media membantu mengatur komunikasi jika terjadi krisis, sehingga informasi yang disampaikan lebih terkontrol dan akurat. Jadi, bisa dikatakan media massa mampu menciptakan citra dan mengangkat reputasinya.

Beberapa kegiatan yang dapat memperkuat hubungan media antara lain konferensi pers, pertemuan media, kunjungan media, dan lain-lain.

Membuat program dan acara untuk menarik perhatian calon konsumen

Selain menggunakan media sosial dan postingan blog, menggunakan berbagai aktivitas untuk menarik perhatian calon konsumen juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan brand awareness untuk menjangkau target audiens yang sebelumnya tidak terjangkau melalui media sosial.

Berikut beberapa ide acara yang bisa Anda coba, seperti:

Bengkel atau bengkel

Acara seminar atau workshop terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan efektif membangun kepercayaan brand di mata konsumen. Kegiatan ini memperkuat brand image dan memberikan awareness.

Misalnya, seminar memasak diadakan untuk mempromosikan merek peralatan memasak baru di pasar.

Acara sosial

Selain mempromosikan brand Anda di media sosial, Anda juga bisa mengadakan acara berupa acara sosial. Misalnya acara penggalangan dana untuk yayasan sosial atau acara komunitas lainnya. Dengan cara ini, Anda tidak hanya mempromosikan merek produk Anda, tetapi juga membangun hubungan positif dengan masyarakat sekitar.

Persaingan atau kompetisi

Program lain yang dapat digunakan untuk promosi adalah dengan mengadakan kontes terkait produk. Misalnya mengadakan lomba foto, lomba video, dan lain-lain.

Bagi brand yang masih baru, hal ini tentu menjadi sebuah tantangan. Namun bukan berarti tidak mungkin, karena dengan menggunakan jasa Lincommunica, Anda bisa efektif menciptakan brand awareness di era digital saat ini.

Lincomunica merupakan agensi humas yang menawarkan layanan konsultasi dengan tim berpengalaman dan dapat menjadi pilihan terbaik untuk menciptakan strategi komunikasi bisnis yang efektif. Tingkatkan awareness terhadap brand bisnis Anda menggunakan layanan Lincommunica untuk menciptakan komunikasi bisnis yang lebih terintegrasi dan tepat sasaran. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.linkomunika.com atau Instagram Linkomunika. (Promosi Konten/Linkounica)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *