Jakarta –

Usaha mikro dan kecil (UMKM) merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. PT Pertamina (Persero) berperan aktif dalam pemberdayaan UKM dengan membantu dan mendorong mereka untuk berinovasi dan kreatif dalam produksi dan pemasaran produknya, agar lebih maju dan cepat maju, termasuk di tingkat internasional.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina berupaya mewujudkan UKM yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri. Pertamina UMK Academy merupakan program pembinaan, pelatihan dan pendampingan yang terstruktur, multifaset, terpadu dan berkesinambungan di berbagai wilayah Indonesia. Dengan inti kurikulum pengembangan yaitu: Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global, mengintegrasikan prinsip Go Green dalam setiap programnya.

Telah dilaksanakan sejak tahun 2020, sehingga antusiasme pelaku UKM untuk mengikuti program ini terus meningkat. Tahun ini, tercatat lebih dari 8.500 UKM di seluruh Indonesia yang terdaftar, sehingga terpilih 1.686 UMK untuk mengikuti program ini. Pertamina terus berinovasi dan berinovasi untuk meningkatkan nilai dan manfaat program ini bagi UKM. “Kami berharap dengan bantuan yang intensif, para peserta Akademi UMK semakin sukses, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, trafik, lebih banyak melibatkan komunitas lokal, memperoleh sertifikat nasional dan internasional hingga menembus pasar global,” ujarnya. . .

Tak berhenti sampai disitu, Pertamina juga sedang menyiapkan pedoman program UMK Academy putaran selanjutnya yaitu Pertapreneur Aggregator. Program ini merupakan program kerjasama yaitu mendorong UMKM untuk mendorong UMKM lainnya dengan menjalin jaringan kerjasama antar UMKM disekitarnya.

Pertamina, sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi, berkomitmen untuk mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan mendorong lebih banyak program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

Program yang mengusung slogan “Memberikan energi baru kepada UKM untuk maju” pada tahun 2024 ini bertujuan untuk mendorong UKM agar lebih inovatif dan kreatif dalam produksi dan pemasaran, sehingga dapat maju dan naik kelas lebih cepat, bahkan hingga internasional. tingkat.

“Kami sangat bersyukur dan bersyukur atas penghargaan tersebut. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berkontribusi dalam menciptakan UKM yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri,” kata Fadjar.

Pertamina menerima penghargaan Marketeers Editors’ Choice untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 kategori SME Enabler Program of the Years. Akademi UMK baru 2024 merupakan pengembangan dari Akademi UMK yang telah dilaksanakan Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) merupakan ajang penghargaan yang mengorganisir brand selama setahun terakhir dalam menciptakan penemuan kreatif dan inovatif di dunia pemasaran.

Pertamina UMK Academy 2024 yang hadir dalam wujud baru dinilai redaksi pasar sebagai program pelatihan yang mendorong UKM beradaptasi dengan perkembangan dunia pemasaran.

Pelatihan yang diberikan mendorong UKM untuk terus berinovasi dan terbiasa menggunakan teknologi digital yang penuh gamifikasi. Selain itu, Akademi UMK merupakan program berkelanjutan dengan peserta yang luas dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, Iwan Setiawan, menilai langkah tersebut merupakan upaya serius Pertamina untuk mendorong UMK agar lebih siap bersaing dalam persaingan dan kondisi pasar yang semakin ketat. “Penemuan-penemuan ini menjadi brand story yang layak untuk dibagikan secara luas. Brand story yang kuat memiliki dua elemen utama: inovasi dan inspirasi,” jelasnya.

(membunuh/membunuh)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *