Jakarta –
Kolaborasi JNE 2024: JNE gandeng Shopee bina ratusan UMKM di acara Gerakan Kreativitas UMKM. Kolaborasi antara Shopee dan JNE ini merupakan langkah untuk membantu UMKM lokal berkembang.
Ari Palgunadi, Senior Vice President Marketing JNE, mengakui kemitraan ini penting untuk membantu UMKM di Indonesia.
“Kami melihat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Bersama Shopee, kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan logistik yang kuat dari Sabang hingga Merauke untuk membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas,” jelas Eri dalam keterangannya, Senin (4/11). ). /2024).
Data Bank Indonesia menjelaskan, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 60,51% pada semester I tahun 2024 dengan tingkat penyerapan tenaga kerja sebesar 97%.
Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa UKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional. Di tengah digitalisasi dan inovasi teknologi, pemahaman dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci untuk menjaga daya saing dan memperluas pangsa pasar.
Seminar Series JNE Golabrasi 2024 sukses digelar di Jakarta dan Bandung dengan mengundang dua pakar pasar Jonathan Kho dan Yohan Augustian sebagai pembicara seminar.
Pada lokakarya yang diadakan di Jakarta dan Bandung, lebih dari 200 pelaku UMKM mendapatkan wawasan baru tentang berbagai fitur digital seperti periklanan, pemasaran afiliasi, dan live shopping, fitur-fitur yang kini menjadi kunci kesuksesan dalam e-commerce.
Direktur Kemitraan Bisnis Shopee Indonesia Daniel Minardi meyakini acara tersebut dirancang untuk memberikan ilmu praktis yang dapat segera diterapkan.
“Kami melihat UMKM memiliki potensi yang besar di era digital. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara terbaik memanfaatkan platform digital untuk memaksimalkan potensinya. Melalui acara seperti ini, kami memberikan solusi agar lebih kompetitif, ungkapnya. diperkirakan akan tumbuh.
Dampak dari pelatihan ini langsung dirasakan oleh para pelaku UMKM yang berpartisipasi. Ariani Prativi, pemilik Seera Baby, toko pakaian anak di Shopee, meyakini pelatihan tersebut membuka peluang bagi UMKM untuk berbagi pengalaman.
“Anda tidak akan menyesal mengikuti acara ini, karena Anda akan mendapat tambahan ilmu dari Pak Botak bagaimana cara bertahan di bisnis online. Selain menimba ilmu, kita juga bisa bertemu dengan sesama penjual, bertukar pengalaman dan belajar dari penjual yang sudah sukses. terus berkembang semangatnya,” kata Ariani.
Sementara itu, Quintessa Hijab Goncar Firdaus, salah satu pemilik toko online yang turut hadir dalam workshop di Bandung, mengatakan JNE Golabrasi 2024 memberikan banyak ilmu tentang bisnis online yang bisa langsung diterapkan oleh UMKM.
“Pembicaranya pandai bicara dan ilmunya langsung dimanfaatkan. Saya belajar lebih banyak tentang strategi periklanan, nama produk, dan cara menarik perhatian pembeli dengan fitur afiliasi,” kata Ganzer.
Salah satu solusi agar tetap kompetitif di kancah bisnis online adalah dengan memahami fitur-fitur digital yang tersedia. Penggunaan fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video untuk menarik pelanggan cukup efektif.
Berdasarkan laporan Shopee, penjual produk lokal dan UMKM yang menggunakan Shopee Live mengalami peningkatan penjualan sebanyak lima kali lipat, dan penjualan produk lokal yang menggunakan video Shopee meningkat hingga 13 kali lipat dalam acara 9.9 Shopee Super Shopping Day terakhir.
Bali akan menjadi destinasi selanjutnya pada rangkaian JNE Golaboration 2024 pada 7 November 2024. Ratusan pelaku UMKM asal Bali akan berkumpul untuk mengikuti workshop yang membahas strategi efektif untuk bertahan dan berkembang di era digital.
Pelatihan UMKM yang akan digelar di Bali ini tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah berjualan online, namun juga bagi para pelaku UMKM yang baru mengenal bisnis digital. Workshop ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha kecil dan menengah Bali yang terkenal dengan produk kreatifnya untuk mengembangkan usahanya dan memperluas pasarnya ke luar negeri melalui platform digital.
Tonton video “YouTube Shopping Mulai Bermitra dengan Shopee di Indonesia” (eng/ega)