Jakarta –
Kijang Innova Reborn masih laris manis. Beda Penjualan dengan Kijang Innova Zenix.
Memiliki mobil modern bukan berarti model lama sudah ketinggalan zaman. Contohnya adalah model Kijang Innova. Meski Toyota memperkenalkan Kijang Innova versi terbaru menggunakan model Zenix, namun nyatanya Kijang Innova Reborn-lah yang banyak dicari masyarakat Indonesia.
Berdasarkan data distribusi massal yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada November 2024, Kijang Innova Reborn memimpin penjualan Innova secara keseluruhan. Distribusi Kijang Innova Reborn pada bulan kesebelas mencapai 2.581. Sebagai perbandingan, sebaran model Kijang Innova Zenix sebanyak 3.327. Perbedaannya sekitar 800.
Secara keseluruhan Kijang Innova Zenix laris manis. Jika dihitung total Januari hingga November, distribusi Kijang Innova Reborn mencapai 23.866. Sedangkan Kijang Innova Zenix mencapai 34.428
Jika dilihat secara detail, keduanya sangat berbeda. Zenix terlihat modern, dan bodinya terlihat seperti roadster. Bahkan mesinnya pun sangat berbeda. Kijang Innova Zenix dan Innova Reborn memiliki mesin yang berbeda
Kijang Innova Zenix tak lagi menawarkan mesin diesel. Namun kini terjadi revolusi. Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Di Indonesia, Toyota Kijang generasi ketujuh mendapat platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque. Forum tersebut menggantikan status Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih ke penggerak roda depan (FWD).
Kijang Innova Zenix varian bensin mengusung mesin 2000 cc bernama M20A-FKS Dynamic Force Motor. Mesin VVT-i empat silinder 1.987 cc ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 204,9 Nm. Sedangkan varian hybrid memadukan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 187,3 Nm pada 47.400-5.200 rpm) serta motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Alhasil, tenaga gabungannya mencapai 186 PS.
Sebagai perbandingan, Kijang Innova Reborn bensin hadir dengan mesin 1TR-FE empat silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i 1998cc. Tenaga maksimum mesin bensinnya sebesar 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimumnya 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Waralaba Innova menawarkan pilihan transmisi manual 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic atau transmisi manual 5 percepatan.
Sedangkan Toyota Kijang Innova Reborn diesel dibekali mesin 2GD FTV empat silinder 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimum 149 PS tersedia pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 342,2 Nm tersedia antara 1.200 hingga 2.800 rpm. “Apa saja fitur Innova Zenix hybrid yang digunakan Paus Fransiskus dan Jokowi?” (kering/agama)