Jakarta –

Di sektor penerbangan dan pariwisata, PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau Injorni tengah mempersiapkan libur Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025 di seluruh bandara yang dikelolanya. Pasalnya InJourney memperkirakan puncak arus mudik Natal pada 20 Desember 2024 dan arus balik pada 4 Januari 2025.

“Menyambut libur Nataru, seluruh bandara yang berada di bawah Bandara Injurni bersiap menyambut peningkatan trafik. Mulai dari persiapan staf, dukungan infrastruktur, transformasi bandara, masyarakat dapat menikmati Natal tahun ini dengan lebih nyaman dan berkesan. Kami berharap Maya Vatono, Direktur Eksekutif dari InJourney, mengatakan pada hari Jumat, “Kami melakukan ini di semua bandara, sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan untuk menikmati liburan Natal dengan lebih mudah.” (6/12/2024) melalui keterangan tertulis.

Bandara-bandara yang terkena dampak memperkirakan adanya peningkatan lalu lintas penumpang, terutama dari wisatawan asing, katanya. Lalu lintas penumpang di Bandara Ingenieri saat Natal diperkirakan meningkat 4,52% dibandingkan tahun lalu. Lalu lintas penumpang internasional sebanyak 2,2 juta pax, meningkat 23,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 1,79 juta pax.

“Pada tahun 2024, penumpang domestik berjumlah 6 juta orang. Sedangkan aktivitas penerbangan internasional diperkirakan sebanyak 12.965 aktivitas, meningkat 15,4% dibandingkan tahun lalu yaitu 11.227 aktivitas,” ujarnya.

Dijelaskannya, khusus Bandara Internasional Soekarno Hatta di Sengkareng, trafik penumpang meningkat sebesar 8,92 persen pada musim Natal tahun ini. Sedangkan volume lalu lintas penumpang internasional sebanyak 984 ribu orang, meningkat 25,18% dibandingkan tahun lalu sebanyak 786 ribu orang dan penumpang domestik sebanyak 1,9 juta orang.

Sementara itu, aktivitas lalu lintas Bandara Internasional Soekarno Hatta pada saat Natal diperkirakan meningkat sebesar 4,8% dibandingkan tahun lalu. Aktivitas lalu lintas yang meliputi aktivitas penerbangan internasional sebanyak 5.737 aktivitas, meningkat 19,96% dibandingkan tahun lalu yaitu sebanyak 4.783 aktivitas dan 13.732 melakukan penerbangan domestik. operasi.

Lalu lintas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar diperkirakan meningkat 12,05 persen dibandingkan tahun lalu. Lalu lintas penumpang internasional Diperkirakan mencapai 739 ribu orang pada tahun 2024, meningkat 22,86% dari tahun lalu sebanyak 602 ribu orang. Sedangkan penumpang domestik diperkirakan sebanyak 607 ribu orang, meningkat 1 persen dari tahun lalu sebanyak 599 ribu orang.

“Jumlah operasional penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama Natal diperkirakan meningkat 5,20% dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan laporan detail, operasional penerbangan internasional sebanyak 4.274 operasional, meningkat 14,54%. Penerbangan domestik sebanyak 3.732 penerbangan dibandingkan 3.572 penerbangan,” ujarnya.

Untuk mengakomodir peningkatan trafik di bandara-bandara pada periode Natal, Maya mengatakan Bandara Injurni menyelenggarakan pelayanan di 37 Bandara Injurni di posko yang terkoordinasi. Semua bandara di bawah InJourney Airports akan beroperasi 24 jam sehari selama 18 hari mulai 19 Desember hingga 5 Januari 2025.

Injorni berharap pengoperasian penuh selama 24 jam ini dapat mendukung persiapan bandara menyambut Natal 2024/2025, jelasnya.

Pihaknya akan meningkatkan efisiensi kegiatan perjalanan penumpang, bandara kerusakan akan menyiapkan 15.998 pekerja dan beberapa touch point seperti layanan pelanggan 336 pekerja, pemeliharaan fasilitas 2.883 pekerja, troli 381 pekerja. Menurut dia, dengan penataan staf yang memadai, seluruh titik kontak penumpang diharapkan dapat terlayani dengan baik saat peak season.

Injorni menyatakan dukungannya terhadap pengurangan pelayanan penumpang selama 16 hari (PJP2U) dan pelayanan bandar udara dan penyimpanan (PJP4U) yang berlaku untuk seluruh penerbangan domestik kelas ekonomi mulai 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025. Ini merupakan multiplier yang signifikan. dari sisi perekonomian, terutama dengan bangkitnya pariwisata Indonesia. Hal ini akan berdampak pada Watono Dia mengakhiri pembicaraan mereka.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Bandara Ingerni sedang mengalami perubahan di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Proses perubahan terdiri dari 3P yaitu premis, proses dan manusia.

Kampus meningkatkan kualitas infrastruktur bandara dengan fokus pada pengalaman pelanggan. Langkah yang dilakukan antara lain mempercantik Terminal 3, pemasangan ATRS dan CT

Lebih jauh lagi, proses ini akan mengubah operasional bandara dengan membuat pengambilan keputusan yang terinformasi dan berorientasi pada lingkungan. Langkah-langkah sedang diambil untuk mendigitalkan pengelolaan operasi berbasis lalu lintas, termasuk Pusat Pengendalian Operasi Terminal, Manajemen Kapasitas Bandara (ACM) dan fasilitas pendukung kereta golf.

Hal ini merupakan titik balik dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) berdasarkan nilai-nilai, sikap, pola pikir dan standar global yang berpusat pada masyarakat. Seragam keamanan penerbangan, pelatihan perhotelan, layanan pelanggan, dan petugas keamanan penerbangan Terminal 3 telah diperbarui dengan tampilan baru dan ramah. Saksikan video “Tim Perjalanan di Balik Kesuksesan Grand Prix Pertamina Indonesia 2024” (akn/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *