Jakarta –
PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mentransformasi 37 bandara untuk menyediakan infrastruktur yang berfokus pada pengalaman pelanggan (gedung), operasi (proses) berbasis ekosistem, dan layanan kelas dunia bagi seluruh karyawan (manusia).
Rencana perubahan tersebut salah satunya adalah mempercantik atau meningkatkan keindahan stasiun penumpang, baik di dalam maupun di luar, termasuk penataan taman dan kawasan hijau.
Senior Director InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan, program beautifikasi ini diterapkan di beberapa bandara, antara lain Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai dari Bali.
“Desainnya mengusung konsep nuansa budaya Indonesia yang dipadukan dengan teknologi untuk memberikan pengalaman berkesan dan menyenangkan bagi penumpang maskapai dan pengunjung bandara,” kata Faik, dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/02/2024).
Sejalan dengan percantikan tersebut, penumpang dan tamu penerbangan dapat melihat dan merasakan perubahan estetika yang besar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.
Area pintu masuk Terminal 3 kini memiliki beragam tanaman hias dan tanaman hijau yang didukung dengan pencahayaan yang lebih baik. Ornamen ini dapat dilihat di sepanjang fasad penyewa komersial dan counter island.
Untuk melengkapi keindahannya, area check-in Terminal 3 didukung penerapan teknologi melalui self-service bag drop station yang memungkinkan penumpang maskapai dengan leluasa dan cepat memproses kotak, tas, atau barang check-in untuk ditempatkan di bagasi pesawat. burung. .
Pintu gerbang (gateway) penerbangan nasional dan internasional kini juga memiliki lanskap indoor, memberikan rasa nyaman dan teduh di Terminal 3 yang menyenangkan.
Kemudian dinding area kargo dilengkapi dengan taman vertikal. Sementara itu, area treadmill dilengkapi dengan tanaman hijau untuk menciptakan nuansa hutan kecil.
Di area pengambilan bagasi kedatangan internasional juga terdapat satu yang menjadi pusat perhatian penumpang pesawat, yakni LED berukuran besar (large LED) yang menayangkan video alam dan budaya Indonesia.
“LED berukuran besar ini kami hadirkan sebagai salah satu cara untuk menunjukkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia kepada para penumpang pesawat yang datang dari luar negeri, baik wisatawan maupun dalam perjalanan bisnis. LED besar ini juga menjadi salah satu cara untuk memperingati dan merayakan hari-hari penting di Indonesia. Indonesia, ” kata Faïk.
Sementara itu, di dekat Terminal 3, taman dan kawasan hijau sedang dibangun kembali. Faik menuturkan, pada area taman pinggir kota, kelompoknya menambah tanaman hijau, membuat jalan setapak di taman, kemudian melakukan restorasi dan menambah pohon-pohon besar.
“Area komersial taman juga telah ditata ulang sesuai tema yang bersangkutan,” kata Faik.
Faik mengatakan, transformasi Bandara Soekarno-Hatta masih terus berjalan. Menurutnya, pihaknya akan memperkenalkan fasilitas baru dan lingkungan baru di bandara.
“Perubahan ini merupakan bagian dari tujuan kami untuk membawa Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam 10 bandara terbaik dunia versi Skytrax,” kata Faik.
Hargai penumpangnya
Perombakan Saluran 3 masih berlangsung dan banyak perubahan kosmetik yang sedang terjadi. Penumpang pun menyampaikan apresiasinya atas perubahan tersebut.
Seorang penumpang pesawat Thailand yang mendarat di Terminal 3 Kittaneth beberapa hari lalu mengaku terkesan dengan taman vertikal dan dekorasi tanaman di ruang bagasi. Ia mengaku kaget dengan banyak hal di Bandara Soekarno-Hatta.
“Menarik banget, berasa hidup banget. Apalagi setelah menempuh penerbangan jauh. Jadi lebih seru lagi kalau sampai di sini,” kata Kittaneth.
Hal ini membuat dirinya dan rekan-rekannya merasa disambut dengan hangat. Sementara itu, penumpang Malaysia Airlines Wisnu mengatakan kehadiran taman vertikal membuat Terminal 3 semakin indah.
“Damai sekali, kelihatannya bagus. Secara estetika terlihat sangat bagus,” kata Wisnu.
Rasa syukur juga diungkapkan jamaah umroh asal Indonesia yang baru tiba dari Tanah Suci. Asih lah yang datang bersama Ernawati, Endang dan Wida.
“Segar, adem di sini. Semua orang suka di sini,” kata Asih.
Perubahan yang dipimpin oleh InJourney Airports dapat semakin memperkuat posisi Bandara Soekarno-Hatta di kawasan ini sehingga dapat meningkatkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional.
Tonton Video: PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) hidupkan Hub Space 2024 dengan berbagai inovasi!
Saksikan video “Bandara Ngurah Rai Bali ramai wisatawan di hari ke-3 Idul Fitri” (prf/ega)