Jakarta –

HUT Telkom ke-59 bertepatan dengan ulang tahun pertama Indibiz, anak usaha Telkom yang banyak merambah sektor digital Indonesia.

Sejak awal berdirinya, Indibiz telah memberdayakan solusi digital bagi UKM yang saat ini tersebar di 7 pulau di berbagai sektor bisnis. Dimulai dari bidang pendidikan melalui Indibiz Sekolah. Sektor makanan dan minuman serta pembelian melalui Indibiz Ruko. Sektor keuangan melalui Indibiz Multifinance. Sektor perhotelan dan perhotelan melalui IndiBiz Hotels.

Sektor kesehatan melalui Indibiz Health. Sektor Energi dan Pertambangan melalui Indibiz Energi dan sektor Logistik dan Transportasi melalui Indibiz Abhiyan. Hasilnya, pada tahun ini, Indibiz Telkom berhasil meningkatkan pendapatan tahunan sebesar 17% di segmen UKM.

Dengan landasan konektivitas yang andal dan kemampuan digital saluran Telkom, Indibiz terus berinovasi untuk memperkaya portofolio layanannya. Kemitraan strategis dengan perusahaan seperti Moka, Microsoft dan Google juga memperkuat posisi Indibiz sebagai solusi bisnis digital terpercaya.

Menjadi menjanjikan bagi Telkom

Jumlah UKM di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya menjadikan IndiBiz sebagai potensi besar bagi Telkom. Diketahui, pada akhir tahun 2023, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 65 juta unit.

UMKM ini berperan penting dalam perekonomian Indonesia, menyerap sekitar 97 persen angkatan kerja dan menyumbang 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Tahun demi tahun, kesadaran pemilik bisnis terhadap peralihan ke digital semakin meningkat. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir tahun 2023, sekitar 30% total UKM di Indonesia sudah go digital.

Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan terbarunya menunjukkan bahwa UKM yang terhubung dengan platform digital mengalami peningkatan pendapatan sebesar 26% dibandingkan UKM non-digital.

Saat ini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan di berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, perhotelan, dan ritel. Selain itu, Indibiz juga menjalin kemitraan dengan beberapa startup dan pengembang teknologi untuk memperkuat ekosistem digitalnya.

Selain menjalin kerja sama dengan UKM, Indibiz juga menjalin kerja sama strategis dengan berbagai institusi. Berbagai kerja sama yang terjalin antara Indibiz dan institusi meliputi kerja sama dengan lembaga keuangan untuk solusi keuangan serta kerja sama dengan dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Melihat prospek masa depan, potensi pendapatan Indibiz diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan semakin banyaknya UKM yang bermigrasi ke solusi digital. Dengan strategi transformasi yang dijalankan serta sinergi yang kuat antara Indibiz dan Telkom, pendapatan segmen B2B diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan signifikan pada tahun depan. Saksikan video “Para Ahli Ingatkan Keruntuhan PDNS Jangan Menjadi Peristiwa Saling Menyalahkan” (asj/asj)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *