Jakarta –
Read More : Pakai Kipas Angin Raksasa, Central Market di PIK Diganjar EDGE Advance Certificate
Lion Group telah merilis kebijakan baru terkait penanganan bagasi dan jatah bagasi gratis atau free bagage (FBA) bagi penumpang pesawat.
Inisiatif Lion Group untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat bepergian kepada seluruh pelanggannya. Tas yang termasuk dalam FBA memiliki kriteria yang berbeda-beda, salah satunya adalah koper travel.
Jenis barang yang termasuk dalam jatah bagasi gratis antara lain tas travel dan aksesorisnya, peralatan olah raga, peralatan kesehatan, alat dan perlengkapan musik serta bagasi lainnya yang ukuran atau volumenya tidak melebihi 35x35x30 sentimeter, kata Corporate Communications Strategic. Lions Group Danang Mandela Prihantoro mengatakan dalam keterangannya, Kamis (28/11/2024).
Ada banyak jenis barang bawaan yang tidak masuk dalam sistem FBA, antara lain bagasi karton, styrofoam, palet kayu, container box, dan bagasi dalam bentuk karung.
Selanjutnya, jika bagasi penumpang termasuk dalam salah satu kategori tersebut dan melebihi ukuran atau berat yang ditentukan oleh Lion Group, tarif kelebihan bagasi atau tiket kelebihan bagasi (EBT) akan berlaku saat melaporkan check-in paling lambat tanggal 1 Desember tahun ini. petugas
Ada minimal pembayaran 5 kg atau pelanggan dapat menggunakan pengiriman barang melalui jasa kargo sebelum hari jadwal penerbangan.
Namun Lion Group juga memberikan hak kepada pelanggan untuk membawa tas tanpa dikenakan biaya tambahan dengan syarat selalu mematuhi ketentuan yang berlaku. Danang menjelaskan situasi terkait bagasi
Bagasi terdaftar adalah bagasi yang ditempatkan di ruang kargo pesawat di konter check-in, kata Danong.
Danong menjelaskan, untuk bagasi tercatat ini, ada peraturan lain untuk pesawat yang digunakan dalam penerbangan tersebut.
“Untuk pesawat jet, tergantung rute penerbangannya, berat maksimalnya adalah 15 kg atau 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis. Itu hanya disediakan untuk pesawat penumpang,” ujarnya.
Ia mengatakan, berat bagasi kabin maksimal 7 kg dan dimensi kabin pesawat tidak boleh melebihi 40x30x20 cm.
Ia mengingatkan pelanggan bahwa barang bawaan yang menggunakan bahan karton, styrofoam, palet kayu, kotak kontainer atau karung dapat dimasukkan ke dalam bagasi asalkan masih dalam batasan berat dan ukuran yang berlaku. Dan jika melebihi aturan, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebagai kelebihan bagasi
Mengapa kebijakan ukuran atau bagasi tertentu penting?
Mendukung bagasi dan keamanan pelanggan
Dengan membatasi ukuran maksimal bagasi menjadi 35x35x30cm, Lion Group mampu menjaga konsistensi barang di kompartemen bagasi pesawat. Jenis tas seperti karton, styrofoam, palet kayu, kotak kontainer dan karung lebih rentan terhadap kerusakan atau kebocoran selama penanganan, sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagasi lain atau ruang bagasi.
Dengan aturan ini, setiap barang ditangani dengan lebih aman dan higienis, sehingga mengurangi risiko kerusakan dan menjamin keamanan seluruh barang konsumen.
2. Meningkatkan kenyamanan pelanggan
Ukuran dan jenis bagasi yang seragam membantu menyederhanakan proses check-in dan penyortiran bagasi bagi pelanggan dan staf. Sistem ini menyelamatkan pelanggan dari ketidaknyamanan akibat penanganan bagasi yang berlebihan dan memastikan jadwal penerbangan tepat waktu sehingga pelanggan dapat menikmati perjalanan yang lancar tanpa masalah terkait bagasi.
3. Kapasitas bagasi terbatas untuk fasilitas bersama
Setiap maskapai penerbangan memiliki kapasitas bagasi yang terbatas dan sistem ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua pelanggan memiliki hak yang sama untuk membawa bagasi. Dengan mengatur ukuran dan jenis bagasi dengan lebih baik, kami dapat mengoptimalkan efisiensi ruang bagasi sehingga tidak ada pelanggan yang merasa tidak nyaman atau dibatasi dalam membawa barang bawaannya.
4. Menjaga standar kebersihan dan keselamatan kabin
Jenis bagasi tertentu, seperti karton dan styrofoam, rentan kotor atau rusak sehingga memengaruhi kebersihan dan kenyamanan pesawat. Dengan menerapkan kebijakan ini, Lion Group memastikan setiap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang lancar dan nyaman
Lion Parcel Cargo Service atau alternatif pengiriman bahan karton, styrofoam, palet kayu, container box dan karung.
• Lebih praktis dan dapat diandalkan
Pengiriman barang menggunakan jasa kargo memungkinkan pengguna mengirimkan barang dengan ukuran atau berat besar tanpa batasan bagasi normal. Selain itu, barang yang diangkut ditangani dengan prosedur khusus untuk menjamin keselamatan dan keamanan maksimal
Kemudahan proses
Pelanggan dapat mengirimkan barang dengan cepat tanpa harus mengatur barang berukuran besar atau besar selama proses check-in, membuat perjalanan menjadi lebih mudah dan nyaman.
Pengiriman fleksibel
Layanan kargo memberikan pelayanan yang lebih nyaman, memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menerima barang sesuai keinginan, selain dapat mengantarkan barang langsung ke tujuan yang diinginkan.
Mengenai berita Kebijakan Bagasi Lion Group, berikut artikel penting lainnya dari detikTravel:
Saksikan video “View Lion Air Flight Simulator Senilai Rp 400 Miliar” (bnl/bnl)