Jakarta –
Permasalahan keimigrasian dialami di Bandara Soekarno Hatta. Penumpang penerbangan internasional disarankan untuk datang lebih awal.
Direktorat Imigrasi mengatakan layanan terganggu karena Pusat Data Nasional (PDN) mengalami kendala sistemik. Direktur Jenderal Imigrasi Silmi Karim mengimbau para penumpang penerbangan internasional untuk tiba di bandara lebih awal.
Datang lebih awal untuk mengantisipasi antrian panjang di loket imigrasi. Dianjurkan tiga jam sebelum jadwal penerbangan, kata Silmi Karim, dilansir Antara, Kamis (20/6/2024).
Silmi Karim menjelaskan, gangguan tersebut disebabkan adanya permasalahan pada PDN yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo). Kewenangan penanganan PDN ada pada Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Masalahnya adalah PDN, Pusat Data Nasional, yang dijalankan oleh Cominfo, kata Silmi.
“Bermigrasi sebagai user, dimana server kita ada di PDN,” imbuhnya.
Sebelumnya, Silmi mengatakan salah satu yang terdampak adalah pihak pelayanan imigrasi di bandara.
Pelayanannya bukan berhenti, hanya melambat karena autogate, dan aplikasi penyeberangan tidak berfungsi,” kata Silmi Karim saat dihubungi.
Silmi mengatakan, pelayanan imigrasi dan penyeberangan di bandara dilakukan secara manual sehingga masyarakat tidak perlu menunggu sistem pulih.
“Tidak perlu menunggu, tapi dilakukan secara manual. Autogate bisa dilakukan,” ujarnya.
***
Berita selengkapnya di sini.
Simak video “Mendag meninjau Terminal 3 Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta” (bnl/bnl)