Jakarta –
Kehadiran agen Lako Pandai (layanan keuangan tanpa kantor) seperti AgenBRILink, berperan penting dalam meningkatkan akses keuangan masyarakat, terutama di daerah pedesaan dan daerah yang sulit dijangkau oleh perbankan.
Melalui AgenBRILink, masyarakat dapat menikmati berbagai layanan keuangan, seperti pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa tanpa harus mengunjungi kantor cabang bank.
Ilham Dwi Prasetyo merupakan salah satu agen BRILink yang sukses memberikan layanan perbankan kepada warga Desa Bulung, Kecamatan Kendit, Kabupaten Setubondo, Jawa Timur. Ilham mengatakan, dirinya pertama kali mengetahui keagenan BRILink secara tidak sengaja saat mencari ide bisnis yang ditawarkan secara online.
Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/11/2024), Ilham mengatakan, “Awalnya saya mencari peluang bisnis, dan menemukan informasi tentang organisasi BRILink pada tahun 2022. Setelah mengetahui informasi lebih lanjut, saya memutuskan untuk mendaftar dan akhirnya berhasil mendaftar. .” .
Saat pertama kali bergabung sebagai agen Berlinerk, Ilham menghadapi tantangan yang sangat besar terutama dalam hal menarik pelanggan. Namun berkat kegigihannya memperkenalkan layanan agen BRILink kepada masyarakat, kini bisnis tersebut dikenal dan dipercaya sebagai “Bank Mini BRI” di wilayah tersebut.
Keistimewaan Ijenbrilink adalah kemampuannya dalam memberikan layanan perbankan yang lengkap sehingga bisa dikatakan sebagai bank mini BRI, kata Ilham. Kata Inspirasi.
Ilham mengaku banyak manfaat yang didapatnya, termasuk dari pelatihan dan seminar yang digagas BRI. “Selain pendapatan, saya mendapatkan pengetahuan baru tentang produk perbankan lainnya di BRI,” imbuhnya.
Sementara itu, SEVP BRI Ultra Micro M. Chandra Yutama mengapresiasi keberhasilan agen BRILink di Setobundo karena telah membantu transaksi perbankan masyarakat.
“Dengan adanya AgenBRILink yang dikelola oleh Ilham sangat membantu masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Ini merupakan wujud nyata komitmen BRI dalam mendukung perekonomian pedesaan dan memperkuat ekonomi ultra mikro di seluruh Indonesia. Kami berharap AgenBRILink dapat memperkuat ekosistem keuangan inklusif,” kata Chandra.
Chandra mengatakan melalui pengembangan layanan hybrid banking, BRI telah memperluas akses perbankan kepada segmen masyarakat yang selama ini belum terlayani, termasuk masyarakat di daerah terpencil melalui AgenBRILink dan memberdayakan perekonomian masyarakat melalui berbagi ide ekonomi. Menurut misinya
Tercatat hingga akhir September 2024, BRI memiliki lebih dari 1,02 juta agen Brilink yang tersebar di 62.227 desa di Indonesia. Sepanjang Januari hingga September 2024, para agen tersebut mencatatkan transaksi sebesar Rp 1,170 triliun yang berasal dari 859 juta transaksi finansial. Saksikan video “UMKM Go Digital di BRI di Desa Tritiro Sulawesi Selatan” (akn/ega)