Jakarta –
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menegaskan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan Myanmar dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Khususnya dalam rangka memperingati HUT RI ke-79
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan BRI memiliki beberapa inisiatif strategis. Melalui berbagai program, pihaknya terus memberikan manfaat bagi negara dengan menciptakan nilai ekonomi dan memberikan nilai sosial.
“Kami yakin setiap langkah yang diambil BRI akan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan negara. BRI akan terus menjadi garda depan dalam mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia agar lebih sejahtera dan berdaya saing di kancah dunia,” kata Sunarso dalam postingannya. pada Senin (19/8/2024).
Berikut ini adalah rangkaian kontribusi utama BRI kepada negara.
1. Mempromosikan bisnis masyarakat melalui Ultra Micro Holding dengan 36,1 juta nasabah pinjaman dan 176 juta rekening tabungan.
Hingga akhir Triwulan II 2024, ekosistem BRI Group Ultra Mikro (UMi) telah berhasil menyalurkan pinjaman kepada 36,1 juta peminjam. Diketahui portofolio pinjaman yang diterbitkan mencapai Rp 622,3 triliun atau meningkat 7,7% year on year.
Rinciannya total Rp 622,3 triliun; Rp496,2 triliun disalurkan melalui kredit mikro BRI, Rp77 triliun disalurkan Pegadaian, dan sisanya Rp49,2 triliun disalurkan Permodalan Nasional Madani (PNM). Terkait tabungan, Holding UMi mengoperasikan lebih dari 176 juta rekening tabungan.
BRI UMi Holding, perusahaan patungan antara Pegadaian dan PNM, juga merupakan inisiatif penting bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Terutama dalam hal membangun kesetaraan gender dan mengurangi kemiskinan. Program ini dirancang untuk memperkuat layanan keuangan bagi pelaku ekonomi mikro, khususnya di kalangan masyarakat berpenghasilan rendah, seperti perempuan.
2. Front Guard mendorong integrasi keuangan dengan 1 juta agen BRILink
BRI telah mencapai prestasi bersejarah dalam memperluas layanan perbankan hingga wilayah terpencil di negara ini untuk meningkatkan inklusi keuangan. Hal ini ditandai dengan jumlah agen BRILink yang mencapai 1 juta agen pada 25 Juli 2024.
Satu juta agen mencatatkan lebih dari 645 juta transaksi dengan volume transaksi melebihi Rp 800 miliar dan menghasilkan pendapatan fee based sebesar Rp 895,4 miliar. Biaya agen sampai 2-3 kali lipat biaya BRI.
Dengan 1 juta agen BRILink; BRI berharap cakupan layanan keuangan dari kota-kota besar semakin meluas hingga ke pelosok desa. Selain itu, AgenBRILink telah tersebar di lebih dari 61.000 desa. Jumlah ini mencakup lebih dari 80% total jumlah desa di Indonesia.
Untuk informasi Anda; AgenBRILink merupakan perpanjangan layanan Bank BRI yang bekerja sama dengan nasabah sebagai agen. Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan online secara real-time dan mendapatkan keuntungan sebagai Agen BRILink bertenaga BRI dengan sistem pembagian biaya.
3. Jumlah pengguna BRImo mencapai 35,2 juta untuk memudahkan transaksi masyarakat.
BRI terus memperkuat ekosistem BRImo Super Apps sebagai salah satu strategi transformasi digitalnya. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.
Dalam kurun waktu 6 bulan (hingga Juni 2024), BRImo telah digunakan oleh 35,2 juta pengguna dan berhasil mencatatkan volume transaksi sebesar 2,01 miliar dollar dengan peningkatan Rp 2,574 triliun atau 35,81%.
Saat ini BRImo Super App merupakan aplikasi mobile banking terbaik dibandingkan aplikasi mobile banking tradisional lainnya di Indonesia. Data ini diperoleh berdasarkan review pengguna iOS (AppStore) dengan rating 4,7 dan pengguna Android (Playstore) dengan rating 4,7. Hal ini menunjukkan kepuasan nasabah terhadap BRImo. (acd/telur)