Jakarta –

Sejak kemunculan pertamanya 14 tahun lalu, Honda Scoopy langsung hits di kalangan konsumen di Indonesia. Itu sebabnya pabrikan memperbaruinya ke generasi keenam.

Thomas Wijaya, selaku executive vice presiden PT Astra Honda Motor (AHM), mengakui Honda Scoopy kerap menyumbang 20-23 persen penjualannya di Indonesia. Ini menandai penjualan skuter matic retro ini seharga 1 jutaan. unit per tahun!

Penjualannya bagus, kontribusinya di atas 20 persen. Sekitar 1 juta unit atau 20-23 persen dari total penjualan kami, kata Thomas Wijaya saat ditemui media di Cikarang, Jawa Barat.

Tom memastikan Honda Scoopy menjadi tiga besar terlaris AHM di Indonesia. Kendaraan ini masuk dalam jajaran skuter matik ternama.

“Intinya (Honda Scoopy) masuk tiga besar (terjual terbesar). Jadi ada BeAT, ada Vario, dan Scoopy,” ujarnya.

Honda Scoopy hanya dijual di dua negara yakni Thailand dan Indonesia. Namun pasar terbesarnya tetap di Indonesia, dengan 8,5 juta unit sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010.

Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya memperkenalkan Honda Scoopy generasi keenam. Dibandingkan model sebelumnya, motor ini mengalami banyak perubahan terutama dari segi desain atau tampilan.

Honda Scoopy baru kini menggunakan lampu depan berdesain blok kristal. Selain itu, sepasang lampu sein mempunyai tampilan baru dengan posisi sedikit lebih rendah.

Lingkar kemudi New Honda Scoopy tak lagi gundul, melainkan ada tambahan cover atau pelindung yang terpasang. Lalu ada aksen ventilasi baru pada bagian depan kendaraan.

Tak hanya bagian depannya saja, bagian belakangnya pun mengalami perubahan. Pabrikan memasang lampu belakang baru dengan aksen lengkung yang membagi area tengah. Sedangkan pasangan lampu sein menjadi lebih lebar dan dominan. Kemudian peleknya kini mengadopsi model palang lima.

Fungsinya juga berubah. Honda Scoopy baru kini menggunakan dashboard full digital yang memadukan nuansa retro dan canggih. Kemudian soket charger ponsel kini menggunakan model Type-C.

Perubahan lainnya terdapat pada konsol box yang kini memiliki volume 4 liter, atau lebih besar 1,3 liter dibandingkan generasi kelima. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk meletakkan benda-benda panjang seperti botol minuman.

New Honda Scoopy tersedia dalam empat varian Fashion dan Energetic dengan harga 22,5 jutaan. dan Bergaya dan Prestise seharga Rs 23,3 crore. Semuanya berstatus jalanan di Jakarta. Tonton Videonya: Kencan Pertama Dua Sepeda Motor Listrik Honda: Selengkapnya! (sfn/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *