Jakarta –
Honda Freed generasi terbaru akhirnya resmi dijual setelah debut globalnya pada Mei 2024. Selain tampilan Multi Purpose Vehicle (MPV) yang semakin modern, mesinnya juga dibekali teknologi elektrifikasi.
Honda Freed yang memasuki generasi ketiga ini tersedia dalam dua model yakni Freed Air dan Crosstar.
Varian Freed Air memiliki desain yang lebih simpel namun canggih, sedangkan Freed Crosstar semakin kokoh dengan hadirnya gril depan yang unik, bemper lebih tebal, aksen alumunium, roof bar, dan desain velg berbeda.
All New Freed generasi baru ini memiliki kap mesin yang meruncing dibandingkan model sebelumnya, bentuk lebih datar dan muka lurus, dengan lampu depan berbentuk trapesium dengan dua Dot Line Daytime Running Lights (DRL) pada lampu depan.
Dari segi dimensi, Freed baru sedikit lebih besar dari pendahulunya, dengan panjang 4.310 mm, lebar 1.695-1.720 mm, dan tinggi 1.755-1.780 mm, sedangkan jarak sumbu roda tetap tidak berubah yakni 2.740 mm.
Honda Freed Air memiliki konfigurasi tiga baris dengan pilihan 6 dan 7 tempat duduk. Sedangkan Freed Crosstar dibekali dua pilihan yaitu dua baris 5 kursi atau tiga baris 6 kursi.
Pada bagian interior, Honda Freed generasi ketiga kini mendapat dashboard baru yang bentuknya mirip N-Box. Hilang sudah dashboard jangkung mobil lawas, kini digantikan tampilan digital di depan lingkar kemudi palang dua.
Honda Freed tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama ada mesin bensin L15D 1,5 liter NA inline-four yang menghasilkan tenaga 118 PS (117 hp atau 87 kW) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin DOHC i-VTEC ini dikawinkan dengan CVT yang menggerakkan roda depan, dengan opsi penggerak semua roda.
Powertrain kedua adalah sistem motor ganda Honda e:HEV dengan mesin bensin empat silinder segaris LEB 1,5 liter NA. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 106 PS (105 hp atau 78 kW) pada 6.000 hingga 6.400 rpm dan 127 Nm pada 4.500 hingga 5.000 rpm.
Mesin pembakaran internal (ICE) ini dapat digunakan sebagai generator baterai lithium-ion 48 Ah, yang kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 123 PS (121 hp atau 90 kW) dan torsi 253 Nm.
Honda Freed dapat secara otomatis beralih di antara tiga mode: EV, hybrid, dan bensin. Sedangkan drivetrainnya ditawarkan dalam dua pilihan yakni penggerak roda depan dan 4WD.
Soal harga di Jepang, Honda Freed terbaru dijual paling murah mulai 2.508.000 yen hingga 3.295.000 yen atau sekitar Rp 256 jutaan hingga termahal Rp 336 jutaan.
Honda mematok target penjualan bulanan sebanyak 6.500 unit untuk Freed e:HEV Air Ex dan Freed e:HEV Crosster. Honda menguasai 22% segmen mobil di Jepang. Secara keseluruhan, Honda telah menjual 1,2 juta unit sejak Freed diluncurkan pada tahun 2008, dengan hibrida terbaru menyumbang 56% dari penjualan.
(belakang/rgr)