Jakarta –

Read More : ASI Bubuk Disorot IDAI, Sebut Pemberiannya Bikin Hilang Bonding Ibu dan Anak

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM merayakan Hari Belanja Nasional dengan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Salah satunya dengan memberikan pelayanan dan hosting yang prima.

Sekretaris PNM El Dodot Patria Ari menilai para pelaku usaha, khususnya pengusaha PNM Maker, harus berbenah dan bersikap lebih ramah. Karena diyakini membantu dalam memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga penjualan pun meningkat.

“Bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar menjadi tantangan besar bagi para pelaku UMKM. Hospitality bisa diawali dengan sapaan ramah dan senyuman saat melayani pelanggan. Tinggalkan kesan yang baik agar mereka merasa nyaman dan ingin menjadi pelanggan.” kata Dodot melalui keterangan tertulis, Rabu (4/9/2024).

Dodot mengatakan UMKM juga bisa meniru dan belajar dari perusahaan besar dalam memberikan layanan.

“Meskipun skala usahanya kecil, layanan harus berusaha beradaptasi dengan keadaan khusus,” katanya.

Lebih lanjut Dodot mengatakan kinerja hosting bukan satu-satunya kunci dalam membangun loyalitas pelanggan. Namun, hal ini juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan bisnis.

Ia juga meminta para pelaku UMKM untuk melakukan perubahan agar bisa mengungguli pelanggan lain di industri yang sama.

“Lingkungan berbelanja yang baik akan berdampak pada cara pelanggan menerima pengalaman, apalagi jika UMKM memahami apa yang disukai pelanggan, pasti berdampak pada peningkatan penjualan karena memberikan rasa nyaman,” ujarnya.

Ia yakin perhotelan dapat membangun hubungan kerjasama jangka panjang sebagai investasi terpenting bagi keberlangsungan usaha kecil UMKM.

TONTON VIDEO: Presiden Jokowi temui pemilik toko pembuat PNM di Magelang, sampaikan pesan kepada ibu-ibu.

(AKN/Contoh)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *