Jakarta –

Dalam rangka Hari Konsumen Nasional 2024, Direksi TASPEN melakukan live review layanan di lima kantor cabang TASPEN yaitu kantor cabang di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Kegiatan penuh dengan interaksi interaktif dengan peserta untuk mendengar pengalaman dan mencari masukan dari peserta dalam upaya memetakan perbaikan layanan, sehingga peserta merasakan kehadiran dan ketertarikan pimpinan TASPEN terhadap kualitas layanan saat ini.

“Sebagai BUMN yang melayani purnawirawan ASN dan pejabat negara, TASPEN memberikan kepedulian terhadap peserta Hari Konsumen Nasional 2024 sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya. Ini merupakan momen penting bagi kami untuk mempertegas integritas TASPEN dan memenuhi kebutuhan peserta,” Menteri TASPEN Hanra. ungkapnya, Kamis (5/9/2024) melalui keterangan tertulis.

Plt CEO TASPEN Ronnie Hanitiyo Abrianto bersama Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diantini Susilovati meninjau Kantor Cabang Bekasi, Manajer Operasional TASPEN Ariandi meninjau Kantor Cabang Jakarta ke-2 yang berlokasi di Jakarta Pusat, dan Direktur Keuangan TASPEN Rina Latsmi Puri meninjau. Manajer Sumber Daya Manusia dan TI Ovita Susiana Rusia di Kantor Cabang Tangerang dan Kantor Cabang Depok serta Manajer Perencanaan dan Aktual Vibro Sumandar di Kantor Cabang Jakarta Pertama di Jakarta Selatan. Kegiatan peninjauan juga dihadiri oleh perwakilan kelompok TASPEN dalam upaya meningkatkan rasa pelayanan dan keakraban dengan peserta TASPEN.

Salah satu pensiunan peserta kantor TASPEN Cabang Tangerang, Bapak Sugiarne, mengaku sangat senang dengan kemajuan yang dicapai TASPEN dalam meningkatkan kualitas layanan. Inovasi yang diterapkan seperti sistem digital terkini dan peningkatan aksesibilitas layanan semakin memudahkannya dalam mengakses informasi dan kebutuhan terkait pensiun.

“Hal ini sangat meningkatkan pengalaman kami berinteraksi dengan TASPEN,” kata Al-Sayed.

Menurut Bapak Sumi Hartobi, selaku peserta pensiun janda di kantor TASPEN cabang Bekasi mengatakan bahwa sebagai pengguna aplikasi autentikasi TASPEN sangat mengapresiasi kemudahan yang diberikan TASPEN. Berkat inovasi digital tersebut, ia bisa mengecek kapan saja dan dimana saja tanpa harus ke kantor cabang.

“Selain itu, menggunakan TASPEN One Hour Online Service (TOOS) juga sangat berguna untuk mendapatkan informasi perkiraan dana pensiun yang akan saya terima di masa depan,” kata Somi.

Dalam beberapa tahun terakhir, TASPEN telah memperkenalkan beberapa inovasi digital dalam proses layanan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan peserta, antara lain melalui Taspen One Hour Online Services (TOOS), yaitu layanan pengajuan klaim online terintegrasi sehingga peserta dapat mengakses layanan TASPEN. Dari mana saja, kapan saja, dengan waktu pemrosesan maksimal satu jam setelah diumumkan selesainya dokumen klaim. Selain itu juga terdapat inovasi berupa aplikasi autentikasi TASPEN yang merupakan layanan autentikasi identitas peserta secara online menggunakan perangkat pribadi peserta.

Hingga Agustus 2024, TASPEN memiliki 6,7 juta peserta yang terdiri dari 3,5 juta peserta pensiun dan 3,2 juta peserta aktif. TASPEN dilaporkan telah menyelesaikan 605.936 klaim pengikatan untuk seluruh produk TASPEN Assured pada bulan Januari hingga Agustus 2024 dengan komitmen 5T yaitu Right Administration, Right Person, Right Time, Right Amount, Right Place.

Klaim terbesar terdapat pada produk Skema Pensiun sebanyak 363.294 klaim dan produk Tabungan Hari Tua (THT) sebanyak 223.586 klaim. Sedangkan klaim program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan kematian (JKM) sebanyak 19.056 orang.

Peninjauan kegiatan pelayanan yang dilakukan pengelola TASPEN dalam rangka Hari Konsumen Nasional 2024 juga dibarengi dengan pemberian cinderamata dan pemberian makan siang khusus bagi peserta yang hadir di kantor cabang. Hal ini merupakan bentuk apresiasi TASPEN kepada peserta yang telah menjadi bagian penting dalam kesuksesan komersial TASPEN hingga saat ini.

Selain itu, promosi menarik Bank Mandiri Taspen dan Taspen Life dari Taspen Group juga ditawarkan kepada para peserta. TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada peserta. Dengan pengalaman penyelenggaraan asuransi sosial sejak tahun 1963, TASPEN akan terus menjalankan operasional bisnis secara dinamis dan berupaya memenuhi kebutuhan peserta dengan beradaptasi terhadap kemajuan teknologi.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN RI Eric Tohir yang mengatakan bahwa setiap perusahaan BUMN hendaknya menjadikan pelanggan sebagai katalis inovasi dan adaptasi, sehingga bisnis yang dijalankannya tidak hanya fokus pada persaingan, tetapi juga kepuasan pelanggan. . . Tonton video “KPK menyita dokumen penelitian Biro Sekuritas Jakarta Pusat terkait kasus Taspin” (prf/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *