Jakarta –
Yamaha memelopori industri roda dua dengan memperkenalkan ‘Nmax Turbo’ yang tidak hanya menghadirkan teknologi YECVT, tetapi juga dilengkapi mode berkendara. Tidak berhenti disitu saja, Yamaha tampaknya akan memperkenalkan teknologi lain yang diharapkan dapat masuk ke jajaran sepeda motor dalam bentuk Y-AMT. Bagaimana cara kerjanya?
Y-AMT adalah singkatan dari Transmisi Manual Otomatis Yamaha. Sederhananya, ini adalah teknologi transmisi manual atau otomatis. Teknologi ini memungkinkan Anda mengendarai sepeda motor alias sepeda motor gede dengan nyaman dan nyaman tanpa membuang tenaga.
Jika menonton video teaser Y-AMT yang baru-baru ini diunggah akun YouTube Yamaha Motor Europe, terlihat teknologi tersebut menghilangkan peran tuas kopling dan tuas persneling. Kedua unit ini dapat menggantikan mode AT/MT dan digantikan oleh tombol fisik yang dapat menambah atau mengurangi gigi.
Tombol pemilih mode transmisi AT (otomatis) dan MT (manual) terletak di stang kanan bersama dengan tambahan mode D dan D+. MT digunakan oleh pengemudi yang ingin fokus pada performa. Saat mode MT diaktifkan, pengendara dapat melakukan perpindahan gigi ke atas atau ke bawah melalui tombol + dan – di stang kiri.
Pergantian mode ke AT (alias otomatis) membuat berkendara semakin nyaman. Sempurna untuk pengendara yang lelah. Pemancar AT ini memiliki dua mode: D dan D+. D+ ideal untuk berkendara di kota pada jalur yang relatif sepi, sedangkan mode D ideal untuk berkendara di lalu lintas padat.
Secara teknis, teknologi aktuator berpenggerak motor Y-AMT mengontrol pengoperasian kopling dan perpindahan gigi. Hal ini memungkinkan mesin beroperasi dalam mode otomatis dan manual. Teknologi Y-AMT disebut-sebut akan diterapkan pada sepeda motor MT-09.
Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Asli: Lebih Baik Beli Baru atau Tunggu? Tonton videonya. (Lua/Lea)