Jakarta –
Iklan iPad Pro yang kontroversial belakangan ini masih meresahkan Apple. Samsung menyindir iklan ini untuk mempromosikan Galaxy Tab S9, dan kini Xiaomi pun mengikutinya.
Iklan replika Xiaomi tersebut diunggah oleh akun Twitter/X Xiaomi India dengan hashtag #CinematicVision. Sekilas, video berdurasi 25 detik tersebut tampak seperti iklan iPad Pro, namun memiliki beberapa elemen berbeda.
Layaknya iklan iPad Pro, iklan Xiaomi juga menampilkan mesin hidrolik raksasa yang dilengkapi berbagai perlengkapan syuting, antara lain kamera profesional, kursi sutradara, dan clapperboard.
Salah satu bingkai iklan Xiaomi juga menyertakan mainan emoji berwarna kuning yang mirip dengan iklan iPad Pro. Namun, mesin press hidrolik tiba-tiba berhenti di tengah jalan dan berhenti menekan peralatan di bawahnya, dan iklan iPad Pro menunjukkan mesin press hidrolik menghancurkan berbagai alat kreatif.
Video tersebut diakhiri dengan tagline ‘Cinematic Vision’ yang disorot dengan warna merah, huruf ‘CI’, ‘VI’ dan tulisan ‘Coming Soon’.
Rupanya, iklan tersebut merupakan promosi Xiaomi 14 Civi yang akan diluncurkan di India dalam waktu dekat. Handset tersebut merupakan versi rebranding dari Xiaomi Civi 4 Pro yang diluncurkan di China, lapor 9to5Mac pada Jumat (24 Mei 2024).
Iklan Xiaomi yang secara terang-terangan meniru iklan Apple tidaklah mengejutkan jika Anda melihat sejarah mereka. Pada masa-masa awal pasar ponsel global, Xiaomi meniru nama produk Apple untuk perangkat seperti ponsel Mi dan tablet Mi Pad, namun akhirnya merek tersebut menghilang.
Namun Apple tidak selalu yang paling kreatif. Iklan iPad Pro terbaru yang memaksa Apple meminta maaf ternyata mirip dengan iklan ponsel LG Renoir KC910 tahun 2008. “Apa yang terjadi jika Xiaomi 14 Ultra beralih ke mode kamera saku?” Tonton video (vmp/vmp)