Jakarta –

PT Pertamine (Persero) Bumn (RB) dengan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) memfasilitasi proses akreditasi seribu perusahaan mikro dan menengah (MSMS), yang didorong dalam 30 rb perttamin di berbagai wilayah.

Langkah ini adalah bagian dari strategi jangka panjang untuk meningkatkan daya saing dan mengejar kesejahteraan ekonomi yang berkelanjutan.

Pertamine Fadjo Santoso, Wakil Presiden Komunikasi di Perusahaan, mengungkapkan bahwa Program Bantuan Fasilitas dan Sertifikasi menunjukkan komitmen pertamine untuk memperkuat MSME dan meningkatkan profesionalismenya.

Pertamine memiliki total 1.393 penerima UMKM dan juga telah menciptakan undang -undang, kualitas, dan siap untuk bersaing di pasar nasional dan dunia.

“Sertifikasi adalah langkah penting dalam proses transformasi UMKM. Pertamine ingin memastikan bahwa MSM tidak hanya bertahan, tetapi dapat berkembang dan berkembang secara permanen. Sertifikasi merupakan fondasi penting untuk mencapai tujuan ini sambil mendukung sumur para pemain bisnis dan masyarakat sekitarnya,” (4/1625) mengatakan.

Sejak Januari 2025 hingga Maret 2025, program sertifikasi telah dipromosikan selama periode ini, termasuk berbagai jenis prinsip dan standar kualitas, termasuk 443 UMKM, sertifikat halal selesai, 407 UKM dengan nomor identifikasi waktu (NIB), dan 127ms dengan sertifikat industri rumah (PIT).

4 UMKM memiliki Sertifikat Kekayaan Intelektual (IPR), 329 UMKM memiliki Pernyataan Manajemen Lingkungan (SPPL) dan sertifikat lain dari organisasi lingkungan, seperti SNI, BPU, NPWP 83 MSM.

Selain proses melegalkan bisnis, peserta juga menerima bantuan administrasi dan pelatihan terkait dengan standar kualitas, branding dan strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk membentuk ekosistem UMKM yang menakutkan, inovatif, dan fleksibel dalam pengembangan pasar.

Seorang pemain UMKM, tanpa Nengah Sudiarti, adalah pemilik unggas ayam Lintang Rumah (RPU) dari Lampung Central, berkat pertamine atas dukungannya.

“Proses sertifikasi dulu kompleks dan mahal bagi kami. Dengan mempromosikan rumah yang berkembang, bisnis kami sekarang lebih bersedia untuk bersaing dan mempercayai konsumen,” katanya.

Inisiatif ini sejalan dengan arah pembangunan nasional, terutama poin ketiga Presiden Asta Cita Prabowa, yang akan meningkatkan pekerjaan berkualitas, mempromosikan kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif dan terus mengembangkan infrastruktur.

Sebagai pemimpin dalam sektor transisi energi, Pertamine berkomitmen untuk mendukung target nol emisi 2060 dengan mempromosikan lebih lanjut program yang secara langsung memengaruhi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Semua upaya ini sejalan dengan penggunaan lingkungan, sosial dan manajemen (ESG) di seluruh ruang lingkup bisnis.

Tonton video “Free Family With 2025” (ANL/EGA)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *