Jakarta –
Honda Freed generasi ketiga telah diluncurkan di Jepang. Kini MPV pintu geser semakin sporty dengan penggunaan part Mugen.
Aksesori orisinal dari departemen motorsport Honda ini membuat tampilan Freed semakin sporty dan agresif.
Honda Freed generasi terakhir hadir dalam dua tipe, Freed Air dan Crosstar.
Freed Air memiliki desain yang lebih sederhana namun canggih. Sementara itu, gaya Freed Crosstar semakin tangguh dengan gril depan unik, bemper lebih tebal, aksen alumunium, roof bar, dan desain velg berbeda.
Tuner Jepang ini menyiapkan body kit yang menarik untuk MPV kecil tersebut, sekaligus menawarkan opsi alternatif untuk trim Freed Crosstar yang lebih berani.
Honda Freed Air memiliki nuansa Type R untuk segmen minivan. Bagian depan tampil lebih agresif dengan penambahan bumper baru dengan sepasang intake fungsional yang memberikan kesan menonjol pada splitter.
Side skirt aerodinamis mengikuti profil, lengkap dengan garis hitam di bawah garis karakter dan satu set velg aftermarket.
Di area belakang terdapat ekstensi bumper belakang yang serasi dengan diffuser palsu. Areal pembukaan lahan juga lebih dangkal.
Sementara itu, varian Crosstar dilengkapi dengan tulisan Mugen berwarna hitam yang menghiasi kap mesin, sedangkan profil dan pintu belakang mendapat stiker bertema kamuflase untuk memberikan estetika yang kokoh. Velg hitam, tutup kaca spion yang serasi, dan deflektor angin melengkapi paket ini, sementara spoiler belakang menambah sentuhan sporty.
Jangan berharap ada peningkatan performa pada Freed, karena Mugen saat ini mengutamakan estetika.
Dari segi performa, Honda Freed ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin bensin empat silinder segaris L15D 1,5 liter Naturally Aspirated (NA) yang menghasilkan tenaga 118 PS (117 PS atau 87 kW) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin DOHC i-VTEC ini dipadukan dengan CVT yang menggerakkan roda depan dengan penggerak semua roda.
Mesin alternatifnya adalah sistem motor ganda e:HEV Honda dengan mesin bensin empat silinder segaris LEB 1,5 liter NA. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 106 PS (105 hp atau 78 kW) pada 6.000 hingga 6.400 rpm dan 127 Nm pada 4.500 hingga 5.000 rpm.
Mesin pembakaran internal (ICE) tersebut dapat digunakan sebagai generator baterai lithium-ion 48 Ah, yang kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 123 PS (121 hp atau 90 kW) dan torsi 253 Nm.
Honda Freed dapat secara otomatis beralih di antara tiga mode: EV, hybrid, dan bensin. Sedangkan drivetrainnya ditawarkan dalam dua pilihan yakni penggerak roda depan dan 4WD.
Dari segi harga di Jepang, Honda Freed terbaru dijual paling murah, berkisar antara ¥2.508.000 hingga ¥3.295.000 atau sekitar Rp 256 jutaan, hingga termahal Rp 336 jutaan.
Tonton video “Review Chery Tiggo 5X: Harga Murah, Banyak Fitur!” (riar/din)