Jakarta –
Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap negara Anda. Dari hal kecil dalam kehidupan sehari-hari hingga pekerjaan penting di berbagai bidang. Salah satunya dengan membuat game bertema masakan Indonesia. Seperti yang dilakukan Studio Celera Nusantara milik Gambhir.
Shafiq Hussain, pendiri dan CEO Gambhir Studio mengungkapkan, sebelum membuat Selera Nusantara, ia sudah lebih dulu merilis game bertema masakan Indonesia. Anda mungkin pernah memainkan Warung Seblak Nusantara, Bubar Ayam Express, Kolak Ramzan dan masih banyak lagi.
Ketertarikan Gambhir Studio dalam mengembangkan game memasak tidak lepas dari kepentingannya yang tinggi. Beragam pilihan game bertema makanan bisa Anda temukan di App Store dan Play Store.
“Makanan itu seperti bahasa universal. Berbeda dengan budaya lokal. Kebanyakan orang tidak mengerti. Atau tidak terkenal,” kata Shafiq saat ngobrol online.
Pemilihan makanan khas Indonesia yang lezat tidak lepas dari keinginan developer asal Bandung untuk memperkenalkan makanan khas Indonesia lebih luas. Alasan lainnya adalah kontennya tidak pernah habis.
“Makanan Indonesia itu banyak, Jackie tidak akan pernah kehabisan konten jika dia memasak makanan Indonesia,” kata Shafiq.
Rasa pulau itu
Selera Nusantara dirilis pada tahun 2020. Game ini merupakan perluasan dari game besutan Gambhir Studio.
“Kenapa aku tidak bilang sempurna? Sebab, seperti bubur ayam, Celera Nusantara membawa makanan Indonesia dari Sabang hingga Merauke,” jelas Shafiq.
Meski kami sudah berpengalaman membuat game memasak, namun mengembangkan Celera Nusantara tidaklah mudah. Salah satu tantangan terbesar dalam proses kreatif
“Butuh waktu lama karena harus meneliti banyak jenis makanan. Di Indonesia banyak variasinya. Seperti makanan Minang, rendang juga dari Bukittinggi dan Padang. Jadi kami harus memilih yang di tengah-tengah,” kenang Shafiq.
Setelah 10 bulan pengembangan, Celera Nusantara dirilis dengan menawarkan gameplay yang luar biasa.
Sama seperti Cooking Mama, pemain ditantang untuk memiliki warung makan. Mereka harus menyiapkan pesanan dari pelanggan mulai dari nasi goreng, nasi lele dll.
Setiap pemain bisa memilih nama karakter yang terinspirasi dari orang-orang terkenal di bidang gastronomi, mulai dari Siska, Rudi, Arnold, Arjuna hingga Renata sehingga semakin menarik. Jadi memiliki fitur berbeda berupa cerita dan permainan pendek
Langkah tersebut terbukti memberikan respon yang baik terhadap game ini di seluruh platform dan pemain, jumlah pemainnya pun tidak main-main, dengan Apple salah satu aplikasi yang disorot dalam kampanye HUT ke-79 Republik Indonesia.
“Total penggunanya kini mencapai 10 juta,” kata Shafiq.
Pemain Celera Nusantara mayoritas berasal dari Indonesia, namun ada juga pemain asal Malaysia, Brunei, Singapura, Hongkong, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat.
“Mungkin permainan kami menarik karena menawarkan sesuatu yang baru. Lihat saja ikan lele dan ayam,” kata Shafiq.
Meski jumlah penggunanya banyak, studio Gambhir tidak puas. Mereka terus menambahkan episode. Setiap bulan, ada item makanan baru. Dari berbagai lokasi tidak berhenti sampai disitu, Shafiq dan tim berupaya memberikan pengalaman 360 derajat.
“Kami kini memperluas Celera Nusantara Snacks, menawarkan makanan dari game untuk memberikan pengalaman unik kepada para pemain. Mereka juga berencana merilis web series di masa depan. Dan kami ingin menjadikan karakter-karakter di Celera Nusantara sebagai game yang unik,” ujarnya.
Tonton video “Lena Berlina mengenang awal mulanya di dunia perancang busana” (afr/afr)