Jakarta –

Read More : Masalah Mesin, AirAsia Tujuan China Putar Balik ke KL

Iklan Wizz Air telah diminta untuk dihentikan karena menyesatkan pelanggan. Maskapai tersebut masih dianggap sebagai perusahaan yang secara sepihak meminta sahabatnya.

Pada tanggal 9 Juni, iklan lain ditemukan di Google yang bertuliskan “Terbang dengan Wizz Air, salah satu opsi paling ramah lingkungan untuk perjalanan udara.”

Diposting oleh Mirror, Kamis (28/11/2024) Wizz Air dalam pembelaannya di hadapan Advertising Standards Authority (ASA) mengumumkan bahwa mereka telah menginvestasikan jutaan dolar dalam mengurangi emisi karbon di industri penerbangan.

Mereka juga mengatakan bahwa dengan menggunakan armada terkecil dan paling hemat karbon di Eropa, maskapai ini dapat mengklaim jejak karbon per penumpang terendah.

Selain itu, Wizz Air menjelaskan telah mengganti pesawat Airbus A320ceo dengan model Airbus A321neo yang mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 10% dan meningkatkan konsumsi bahan bakar per kursi sebesar 20%.

Maskapai ini juga menekankan investasinya pada penelitian Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) dan pembentukan Komite Pembangunan dan Kebudayaan khusus untuk memastikan bahwa penerapannya sesuai dengan hukum.

Namun ASA mengatakan bahwa pengakuan sebagai salah satu pilihan paling ramah lingkungan dalam perjalanan udara akan memberikan kesan bahwa dampak lingkungan Wizz Air lebih rendah dibandingkan maskapai lain yang beroperasi di Inggris dan sekitarnya.

ASA mencatat, meski Wizz Air berbicara tentang jenis pesawat yang digunakan dan emisi karbon per penumpang, namun hal tersebut tidak dijelaskan dalam iklan. Selain itu, iklan tersebut tidak memberikan informasi yang cukup untuk membantu konsumen memahami perbandingan atau memberikan verifikasi atas klaim yang dibuat.

Oleh karena itu ASA menyimpulkan bahwa iklan tersebut melanggar Undang-Undang Hak Cipta. ASA kemudian memutuskan bahwa iklan tersebut tidak lagi dipublikasikan dan meminta Wizz Air untuk mengklarifikasi klaim lingkungan di masa depan dan tidak menciptakan ambiguitas tentang dampak lingkungan dari penerbangan mereka.

Selain itu, iklan harus memberikan informasi yang cukup untuk membantu pelanggan membandingkannya dengan maskapai penerbangan lain, dan mengarahkan mereka ke informasi lebih lanjut.

Juru bicara Wizz Air mengatakan perusahaannya bangga diakui oleh ASA karena memiliki emisi terendah dibandingkan maskapai mana pun. Dan mereka juga berjanji tidak akan berlebihan hanya untuk menarik pelanggan.

“Kami senang ASA mengonfirmasi bahwa klaim kami didasarkan pada hasil yang diperoleh, terendah dari maskapai mana pun di dunia, didukung oleh data pihak ketiga dan dibandingkan dengan pesawat lainnya.

“Wizz Air berkomitmen terhadap lingkungan yang transparan dan tidak memihak serta memastikan bahwa klaim kami selalu didasarkan pada data dan fakta yang kuat,” kata juru bicara Wizz Air saat menonton video “Makanan lezat setelah liburan bahagia di hotel, Bogor” (upd/fem )

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *