Jakarta –
Read More : ASUS Vivobook S 15 OLED, Kencang dengan Snapdragon X Elite
ChatGPT Search, pengalaman pencarian web bertenaga AI OpenAI, kini tersedia untuk semua pengguna ChatGPT dengan beberapa fitur baru.
Secara default, ChatGPT akan secara otomatis menentukan pertanyaan mana yang akan dikirim melalui Pencarian ChatGPT, dan pengguna dapat mengetuk ikon “Pencarian Internet” baru di antarmuka ChatGPT.
Pencarian ChatGPT menampilkan ringkasan tanggapan dari berbagai sumber web, serta konten hebat seperti foto yang disematkan dan video YouTube. ChatGPT Search dimulai pada bulan Oktober sebagai pengembangan dari prototipe OpenAI SearchGPT.
Layanan ini didukung oleh versi model OpenAI GPT-4o yang ditingkatkan. Pencarian ChatGPT menyediakan informasi dari web seperti skor olahraga, berita, harga saham, dan lainnya, bersama dengan tautan ke sumber daya terkait di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan tambahan untuk mempersempit pencarian mereka.
Pencarian ChatGPT pada awalnya hanya akan tersedia untuk pelanggan ChatGPT premium. Sekarang bahkan pengguna yang tidak membayar pun dapat mengaksesnya.
OpenAI mengklaim bahwa pencarian ChatGPT juga menjadi lebih cepat dan kini dapat ditetapkan sebagai mesin pencari default untuk browser web apa pun. Selain itu, seperti yang diumumkan detikINET TechCrunch pada Kamis (19/12/2024), terdapat peningkatan pengalaman pencarian ChatGPT untuk perangkat seluler.
Di perangkat seluler, pengguna kini dapat melihat informasi bisnis yang terorganisir dengan lebih baik, termasuk alamat (di Apple Maps di aplikasi ChatGPT iOS) dan nomor telepon.
Terakhir, pencarian ChatGPT kini tersedia dalam mode suara lanjutan, fitur percakapan real-time OpenAI untuk ChatGPT. Dalam beberapa hari ke depan, pengguna akan dapat mengakses informasi online terkini saat menggunakan mode suara yang disempurnakan di ponsel atau desktop.
Beberapa penerbit telah memprotes alat pencarian bertenaga AI seperti ChatGPT Search, Confusion, dan ulasan AI Google.
Sebuah studi menemukan bahwa ulasan AI saja dapat memberikan dampak negatif sebesar 25% pada lalu lintas penerbit karena ulasan tersebut tidak menyorot tautan ke situs web.
OpenAI mengatakan telah memasukkan umpan balik dari mitra tentang bagaimana Pencarian ChatGPT menentukan artikel mana yang paling relevan dengan kueri dan bagaimana Pencarian menentukan panjang abstrak dan kutipan untuk artikel. “VIDEO: Perusahaan milik ChatGPT kumpulkan pendanaan baru Rp 101T” (jsn/fay)