Jakarta –
Ada cerita unik saat proses serah terima unit Yamaha NMax tipe teratas ‘Turbo’ di Sepat, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8). Sebab, seorang pengguna bernama Ibrahim mengaku bingung bagaimana cara menggunakan YECVT alias ‘Turbo’ pada sepeda motor yang dibelinya.
Kebingungan ini membuatnya mengendarai Yamaha NMax ‘Turbo’ di luar rumah. Oleh karena itu, hingga berhari-hari sepeda motor itu tertinggal di garasi rumah.
“Kalau motor lain, kalau sudah sampai langsung kita pakai. Nah, kalau ada, kita khawatir untuk pakai. Tapi saya tetap beli, kenapa? Kenapa? Itu saya tertarik dan ingin coba, apalagi Karena saya sudah terbiasa pakai motor Yamaha,” kata Ibrahim saat ditemui di Sepat, Jakarta Selatan, Sabtu (3/8).
Namun Ibrahim tak membiarkan Yamaha NMax ‘Turbo’ miliknya berlama-lama berada di garasi. Ia akhirnya memutuskan untuk datang pada acara serah terima unit kendaraan tersebut. Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan bagaimana ia menggunakan fitur “Turbo” pada sepeda motornya.
“Aku diam di rumah sebentar. Setelah itu terjadi, aku datang. Lalu aku tahu cara kerjanya. Sekarang aku mengerti, kalau mau naik seperti itu, kamu harus turun seperti itu.” ” dia berkata.
“Jadi sampai hari ini saya tidak menggunakannya, setelah saya pulang dari acara saya baru mencoba menggunakannya,” imbuhnya.
Ibrahim membeli Yamaha NMax ‘Turbo’ atau Tech Max Ultimate papan atas melalui diler resmi dekat rumahnya. Ia membelinya secara tunai tanpa melalui skema inden.
Ibrahim mengaku merupakan penggemar berat Yamaha NMax. Padahal, sebelumnya sudah memiliki model generasi pertama dan kedua. Menurutnya sepeda motor Gambit nyaman untuk digunakan sehari-hari.
“Kita punya generasi pertama dan kedua semua, tapi dijual. Jadi saya lihat yang saya beli itu yang lama,” ujarnya tentang cara kerja turbo di Yamaha NMax baru.
Berbeda dengan turbo pada mobil yang menggunakan gas buang, pada Yamaha NMax baru akselerasinya hadir dari teknologi YECVT. Jadi transmisinya mendapat bantuan motor listrik untuk menggerakkan pulley depan dan mengubah fungsi roller kiri.
Nmax Turbo memiliki Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengemudi berakselerasi seketika layaknya turbo dengan tiga level yaitu Low (1), Medium (2) dan Hi. (3) Oleh karena itu cocok untuk menyalip kendaraan dan melibas jalur tersebut.
Berdasarkan pengujian internal Yamaha, turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya membutuhkan waktu 7,43 detik.
Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat hingga menempuh jarak 200 meter dibandingkan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak 9,2 meter.
Menggunakan teknologi tersebut, Nmax Turbo memiliki fitur riding mode yang menawarkan dua pilihan yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode’. memuat dengan tangan
Tiga mode untuk perjalanan dan mode S untuk mode olahraga. Sedangkan mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk jelajah, mendaki, mengendarai kendaraan, dan menyalip kendaraan lain. Tonton video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Simpan Saja?” (sfn/kering)