Jakarta –

Pasca pandemi CoVID-19, tren keranjang peralatan makan seperti piring keramik dan gelas meningkat pesat. Seiring dengan perubahan gaya hidup dan meningkatnya minat terhadap barang-barang rumah tangga yang estetis dan fungsional, banyak orang kini memilih keranjang piring keramik sebagai hadiah untuk berbagai acara khusus.

Tren ini berkembang seiring dengan keinginan untuk menyediakan keranjang yang lebih personal dan bermakna, terutama saat hari raya keagamaan seperti Ramadhan dan Natal. Peralatan makan keramik dengan desain cantik dan bernilai seni tinggi menjadikannya pilihan keranjang yang unik dan menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Salah satu brand yang kini dikenal sebagai penyedia keranjang piring keramik adalah Carramica. Merek tersebut didirikan oleh Dea Carris Desmond pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19. Saat itu, Dia melihat peluang di bidang ekspor peralatan makan keramik.

DA memulai usaha ini dengan modal Rp 15 juta yang digunakan untuk pembelian peralatan makan mulai dari piring makan, piring salad, cangkir, mangkok, jug dan tea set.

“Saya melihat besarnya permintaan keranjang di Indonesia dan menyadari bahwa keramik bekas ekspor tersebut bisa diubah menjadi keranjang yang unik dan elegan,” kata Dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (31/10/2024).

Menurut DA, tradisi memberi keranjang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Keranjang biasanya digunakan sebagai hadiah untuk acara dan perayaan besar.

Melihat peluang tersebut, Dea memposisikan Ceramica untuk memenuhi kebutuhan akan pembatas estetis dan indah, terutama menyambut hari-hari besar seperti Ramadhan, Natal, dan Tahun Baru Imlek.

“Saat pertama kali saya mencoba menjual keranjang bertema, penjualan langsung melonjak,” ujarnya.

Data Google Trends menunjukkan penelusuran kendala di Indonesia melonjak selama 20 tahun terakhir, terutama menjelang Natal, Tahun Baru Imlek, dan Ramadhan. Hal ini semakin memperkuat posisi Ceramica yang saat ini fokus menyediakan keranjang tematik sesuai kebutuhan pasar.

“Desain yang disesuaikan untuk momen besar terbukti sangat laris dan laris di pasaran,” kata Nashir, Direktur Pemasaran Ceramica.

Ceramica sejak awal lebih memilih model bisnis digital atau online dalam perjalanan bisnisnya. Nashir mengatakan penjualan digital memungkinkannya menjangkau calon pelanggan di seluruh Indonesia dengan cepat.

Hasilnya, Ceramica mampu terjual jutaan unit setiap tahunnya dan banyak peminatnya di berbagai daerah, tambahnya.

Ratusan ribu terjual setiap tahun.

Proses pembuatan keranjang khusus tidaklah sederhana. Membuat desain pada piring atau gelas seringkali membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan per desain, perlu diingat bahwa Carramica harus memastikan kualitas yang tinggi. Salah satu tantangan terbesar dalam bidang keramik adalah sulitnya mengadaptasi desain digital pada hasil akhir suatu produk keramik.

Salah satu pendiri Ceramica Puthu Ayo Kartika menegaskan, perbedaan hasil desain di komputer dengan apa yang dicetak di piring atau kaca seringkali memerlukan penyesuaian.

“Kalau kita desain, sering kali tidak sesuai ekspektasi, hasil di komputer berbeda dengan hasil di piring. Kita harus hati-hati dan sabar untuk menciptakan produk mewah,” kata Putu Ayo Kartika.

Desain unik Carramica telah menarik perhatian perusahaan besar seperti Bank BCA, Qatar Airways dan Pullman Hotels. Mereka rutin memesan keranjang keramik Ceramica.

Pesanan dari perusahaan besar ini tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga membantu Carameca menciptakan lapangan kerja. Ceramica saat ini mempekerjakan lebih dari 70 orang untuk memenuhi permintaan.

Dalam empat tahun, Ceramica berkembang dari bisnis rumahan kecil dengan hanya tiga karyawan dan luas gudang 40 meter persegi menjadi perusahaan besar dengan produksi dan ruang penyimpanan 1000 meter persegi.

Dengan berkembangnya bisnis keranjang unik ini, Ceramica tidak hanya mampu menciptakan produk-produk premium yang digemari masyarakat, namun juga mampu meningkatkan daya saing perusahaan lokal di pasar keranjang mewah. (Tag situs/Carameca)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *