Jakarta –
Daftar isi merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah dokumen, baik berupa karya ilmiah, buku, laporan maupun makalah. Salah satu komponen utama yang sering muncul dalam daftar isi adalah titik-titik antar bab atau sub bab dan nomor halaman.
Membuat titik dengan tangan dapat membuat dokumen menjadi berantakan dan menyita waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan Microsoft Word atau Google Docs untuk membuat poin secara otomatis pada daftar isi di Microsoft Word 2010.
Untuk membuat daftar isi di Microsoft Word 2010, Anda dapat menggunakan fungsi Tabulation Stop atau Daftar Isi. Berikut cara mengutip Tips dan Trik Office 2010 dari Steven Andy Pascal: Klik icon di pojok kanan bawah kotak dialog Paragraph, letakkan tab stop pada kotak yang akan dibuat, pada kotak dialog Tabs, ketikkan nilai tab stop posisinya, misalnya 14 cm pada bagian Alignment. Pada bagian Kanan dan Leader, untuk membuat titik secara otomatis, ulangi langkah keempat pada tab Stop Position, pilih Alignment dengan 15 cm, misalnya pada tab Leader. Untuk membuat jarak dari 14 cm hingga 15 cm 1 Pilih Tidak Ada Klik Set Klik OK.
Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, setiap kali pengguna menekan tombol tab pada keyboard, kursor secara otomatis akan berpindah ke tab stop (14 cm dan 15 cm). Setiap kali tombol Enter ditekan, tab stop terjadi secara otomatis. Jadi pengguna tidak perlu membuat daftar isi secara manual di Microsoft Word 2013
Untuk membuat daftar isi dengan bullet di Microsoft Word 2013, tentukan dulu judulnya. Caranya sebagai berikut, jika ingin mengatur font ulangi heading 1 untuk bagian utama dan heading 2 untuk sub bagian dan klik Style pada fungsi Home di pojok kanan atas. . Ini mengubah nomor halaman Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2016
Daftar Isi Teks yang akan dijadikan isi halaman dimasukkan terlebih dahulu secara lengkap. Menurut buku Modul Aplikasi Komputer Microsoft Office 2016 karya Erna Retno Rahajeng dkk, Cara menyiapkan teks isi untuk disorot dengan titik. Atau berhenti menyorot ukuran, perataan, dan pemimpin mana yang akan digunakan setelah pengaturan selesai. Secara otomatis sejumlah tanda tab yang telah ditentukan akan muncul pada penggaris, untuk menerapkannya pada halaman daftar isi, letakkan kursor pada setiap baris, lalu klik tombol tab pada keyboard. Tanda tersebut muncul pada lembar kerja dan berhenti pada posisi tanda tab stop yang telah ditetapkan sebelumnya.
Cara lain:
Sebelum menyusun dan membuat poin-poin dalam daftar isi, susunlah bab dan subbab karya ilmiah. Caranya: Cari bab 1, ulangi judul 1 untuk bab 2, 3, lalu cari subbab 1, lalu pilih gaya-> klik Bab 2-ulangi untuk subbab lain yang merupakan bagian dari bab utama, lakukan hal yang sama dengan klik gaya Lakukan – > Ulangi judul Jika ingin mengganti judul, klik Style dan edit Setelah memilih Referensi-> Daftar Isi-> format yang diinginkan, Daftar Isi akan terisi secara otomatis. Jika tidak terisi otomatis, klik Perbarui Tabel di samping Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs
Anda juga dapat membuat daftar isi secara otomatis dengan Google Docs. Menurut laman blog Google, begini caranya: Tambahkan judul (heading 6) di masing-masing atau gerakkan kursor di dokumen ke daftar isi, gulir ke bawah, pilih tabel berpoin, dan jika ingin menambahkan teks pada dokumen, klik tabel Tekan ikon segarkan jika Anda menginginkan nomor halaman dan gaya garis seperti Sesuaikan format daftar isi, klik Daftar Isi, pilih ikon dengan tiga titik, dan opsi lainnya. “KuTips: Sederhanakan Disertasi Anda Dengan 3 Trik MS Word Ini!” Tonton videonya. (Masing-masing/Roe)