Jakt –
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK (BRI) telah membuka serangkaian acara Bri Umkm Expo (RT) tahun ini. Jumlah ini meningkat dengan peristiwa sebelumnya yang hanya melibatkan 700 USMes Bazaar.
Dalam komentarnya di pembukaan acara oleh Ice BSD City, Tangerang, Kamis (30/1) kemarin, Presiden Bri Sunarso mengungkapkan bahwa Bri Umkm Expo (RT) 2025 pada saat yang sama dengan Outlook Microfinance Bri 2025.
“Hari ini Bri Umkm Expo (RT) 2025 diadakan bersama dengan Outlook Microfinance Bri (MFO), yang disimpan kedua acara terpisah, dan berkelanjutan,” kata Sunarso dalam sebuah pernyataan tertulis, Jumat (1/31/2025).
Sunarso telah menunjukkan bahwa partainya berharap untuk mengharapkan ide -ide strategis tentang tantangan ekonomi global dan domestik, serta respons kebijakan yang dapat diatasi untuk mengatasinya.
“Sedangkan untuk BRI, ini adalah elemen vital dalam merumuskan umpan balik strategis dan rencana aksi yang tepat untuk mendukung ASTA, dengan menempatkan UMKM sebagai kunci bersalah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang komprehensif dan berkelanjutan,” katanya.
Sejumlah pejabat negara menghadiri upacara pembukaan, termasuk presiden Majelis Indonesia, Ahmad Muzani; Koordinasi Menteri Urusan Ekonomi, Airlanga Hartto; dan Koordinasi Menteri Pekerjaan Komunitas, Muhaimin Iskandar.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani meningkat; Menteri UMKM, Maman Abdurrahman; Wakil -Ministers, Cirioatmodjo Cartica; dan Wakil Perdagangan, Dyah Roro meluas.
Menteri Koordinasi Ekonomi, Airlanga Hartarto, mengatakan acara UMKM Expo (RT) 2025 adalah bukti dari perusahaan UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.
Menurut Airlangga, MSM adalah sektor yang melebihi 60% dari PDB Indonesia dan menyerap 97% dari tenaga kerja. Namun, kontribusinya dapat ditingkatkan dalam perdagangan global.
“Inisiatif BRI ini berisi 1.000 UMKM sejalan dengan CIA CIA kepada Mr. Prabowo untuk menciptakan lapangan kerja berkualitas tinggi,” katanya.
Setelah menjalani proses seleksi yang ketat selama sebulan (4 November-7 Desember 2024), hingga 1.000 UMKM telah dipilih dengan lebih baik dan akan ditampilkan dalam lima kategori utama, yaitu dekorasi rumah dan keahlian (153 UMKM), makanan dan makanan dan Minuman (358 UMKM), Aksesori dan Kecantikan (181 UMKM), Fashion & Lasra (273 UMKM), dan Perawatan Kesehatan & Kesejahteraan (35 UMKM).
Pengembangan dan peningkatan jumlah peserta MSM sangat signifikan jika mereka menonton data sejak 2019. Dalam implementasi pertama, hanya ada 155 MSM yang mengambil bagian dalam pameran dan Bazaar.
Jumlah ini meningkat pada tahun 2020 dengan layar Bazaar 423 dan 150 MSMes. Prestasi positif berlanjut pada tahun 2021, di mana 500 UMKM mengambil bagian dalam pameran online Bazaar. Pada tahun 2022, 502 UMKM ambil bagian dalam pameran online Bazaar dan 251 UMKM berpartisipasi dalam bazaar boffline.
Kemudian, pada tahun 2023 jumlah peserta kembali ke 500 pameran UMKM dan 700 MSM Bazaar.
Dengan peningkatan peserta UMKM, BRI juga memfokuskan bahwa 38 miliar penjualan tahun ini mencapai jumlah pengunjung yang mencapai 50.000 dari awal bahwa hanya 26.315 pengunjung yang mencapai acara Expo 2023.
BRI juga optimis bahwa acara permainan bisnis ini (bisnis yang cocok) dapat menghasilkan US $ 89,4 juta selama 2025, angka ini lebih tinggi dari implementasi sebelumnya pada tahun 2023 yang dicatat untuk US $ 81,3 juta.
Tahun ini, jumlah pembeli dan negara yang berpartisipasi dalam perbandingan bisnis ditujukan untuk 94 pembeli dari 33 negara, lebih tinggi dari implementasi sebelumnya terdaftar 86 pembeli dari 30 negara.
Sebagai indikasi, dalam implementasi pertama pada tahun 2019, nilai perjanjian perbandingan bisnis didaftarkan untuk US $ 33,5 juta dengan 16 pembeli dari 7 negara. Nilai ini berlangsung pada tahun 2020 hingga US $ 57,5 juta, yang melibatkan 26 pembeli dari 11 negara.
Pada tahun 2021, kesepakatan meningkat menjadi US $ 72,1 juta, yang terdiri dari 32 pembeli dari 14 negara di 207 sesi bisnis. Ikuti momentum positif pada tahun 2022, di mana perbandingan bisnis terdaftar US $ 76,7 juta, yang terdiri dari 43 pembeli dari 20 negara, naik US $ 81,3 juta pada tahun 2023 dengan 86 pembeli dari 30 negara.
Dengan tema ‘MSME World Out Access’, Bri Umkm Expo (RT) 2025 bertujuan untuk mencapai pasar UMKM Indonesia dan membangun daya saing pengusaha lokal di dunia.
Selain itu, sebagai langkah konkret untuk mendukung pengembangan UMKM, itu adalah kerja sama antara BRI dan Kementerian Perdagangan, di mana ia dimulai pada tahun 2025, bahwa membandingkan bisnis yang dijadwalkan akan berlanjut dua kali.
Ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah anak laki -laki yang terkait dengan BRI yang meningkatkan perluasan pasar ekspor. Lihat video “129 Years of Bri Anda mendapatkan inovasi dan layanan yang sangat baik untuk Indonesia” (ANL / EGA)