Jakarta –

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapat penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini BRI dinobatkan sebagai ‘Perusahaan Terpercaya’ pada ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh Institut Tata Kelola Perusahaan Indonesia (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

Acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Tema pemberian penghargaan ini adalah ‘Membangun kedewasaan perusahaan dalam kerangka tata kelola perusahaan yang baik’.

Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menjelaskan penghargaan ini menunjukkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang semakin besar.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar konsistensi dan komitmen pengelolaan terbaik. Prinsip-prinsip GCG tidak diterapkan secara formalitas, namun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penerapan budaya perusahaan BRI. tumbuh, memberikan nilai lebih bagi pemangku kepentingan dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichina dalam keterangan tertulis, Kamis (28 November 2024).

Pada tahap evaluasi diukur tiga aspek yaitu struktur pengelolaan, proses pengelolaan dan hasil pengelolaan, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti CGPI Awards sejak tahun 2012, dan setiap tahunnya skor penerapan GCG BRI mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menerapkan GCG secara konsisten dan berkesinambungan hingga mencapai hasil terbaik.

Pada pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Sangat Terpercaya’ dengan penilaian tertinggi yang diraih oleh seluruh peserta ajang pemeringkatan CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI menegaskan perusahaannya dinilai memiliki praktik manajemen yang unggul berdasarkan standar tes CGPI.

Selain itu, Solichin menambahkan, penghargaan ini tidak hanya sekedar simbol, namun juga menjadi insentif untuk terus mendorong menuju keunggulan.

“BRI meyakini tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai lembaga keuangan terpercaya, namun juga berkontribusi terhadap penciptaan nilai berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” ujarnya.

Perusahaan peserta CGPI 2023 telah menyelesaikan seluruh tahapan evaluasi. Pada tahap self-assessment, dilakukan pengumpulan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 7.300 orang yang mewakili 23 pihak dari internal dan eksternal perusahaan peserta. BRI mampu menunjukkan konsistensi yang lebih baik pada seluruh parameter yang diperiksa sehingga menjadikannya sebagai benchmark dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

Komitmen BRI terhadap penerapan GCG juga mencakup anak perusahaan BRI Grup. BRI telah mampu mendukung dan mendorong perusahaan anak untuk memperkuat penerapan GCG di masing-masing entitas anak. Hal ini tercermin dari peningkatan poin yang diperoleh anak usaha BRI pada CGPI Indonesia Trusted Companies Award 2024 dibandingkan penilaian tahun lalu.

Tonton juga videonya: Detikcom Award 2023: BRI Raih Beragam Penghargaan Kinerja Terbaik untuk Indonesia

(prf/ego)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *