Jakarta –
Read More : Berakhir Pekan di Lapangan Banteng: Hati Senang-Perut Kenyang
BRI terus mendukung UKM yang didukungnya untuk bisa ‘mengekspor’. Dukungan tersebut diwujudkan dengan keikutsertaan usaha kecil dan menengah binaan BRI dalam pameran dagang guna memperluas pasar ekspor bagi para pelaku usaha. Salah satunya melalui Specialty Coffee Expo (SCE) yang digelar 12-14 April 2024 di MCCormick Place, Chicago.
Usaha kecil menengah Bandung Gravfarm menjadi UKM binaan BRI yang berkesempatan mengikuti pameran setelah melewati tahap kuratorial. Dalam proses kurasi, kualitas kopi sesuai kriteria kopi spesial, aspek ketertelusuran dan keberlanjutan, serta sertifikasi diperhitungkan.
Pada SCE 2024, Gravfarm memamerkan produknya di Paviliun Indonesia yang merupakan kerjasama antara KBRI Washington, ITPC Chicago dan Atase Niaga Los Angeles, didukung oleh KJRI Chicago, SCAI, Bank Indonesia, LPEI. dan Atase Pertanian KBRI Washington, D.C. Selain Gravarm, ada IKS kopi lain yang menawarkan kopi Indonesia dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Gayo, Kintamani, Temanggung, Toraja, Mandailing, dan Lampung.
Direktur Perdagangan, Usaha Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto berharap melalui ajang tersebut, kopi Indonesia tidak hanya betah di tanah air, namun juga mampu menguasai pasar kopi di luar negeri.
“Indonesia mempunyai banyak kopi spesialti unggulan mulai dari Aceh hingga Papua yang diyakini mampu bersaing dengan negara-negara penghasil kopi lainnya. Pesatnya perkembangan industri kopi di Amerika Serikat dan global menuntut Indonesia untuk semakin memperkuat brandingnya sebagai negara dengan rasa yang beragam dan menghasilkan biji kopi dengan kualitas yang unik “Untuk itulah BRI hadir untuk mendukung semangat ekspor UKM binaan yang didorong oleh program unggulan kami, misalnya melalui UKM EKSPO(RT) BRILIANPRENEUR. kata Amam dalam keterangannya, Kamis (9/5/2024).
Ditegaskannya, BRI akan terus fokus meningkatkan pangsa pasar UKM lokal agar bisa lebih berkembang dan menjadi rantai pasok global, salah satunya industri kopi. Ada sejumlah program pemberdayaan BRI yang mendukung UKM dalam melakukan ekspor. Di antaranya EXPO(RT) UMKM BRILIANPRENEUR, Growpreneur, BRIncubator dan Rumah BUMN.
“BRI berkomitmen untuk terus mendorong para pemangku kepentingan untuk bersinergi membangun industri kopi menjadi ekosistem yang lebih efisien dan berkelanjutan. Untuk memastikan seluruh pelaku ekosistem kopi, mulai dari petani hingga pengecer akar rumput, semakin sejahtera,” jelas Amam.
Sementara itu, produsen sekaligus pemilik Gravfarm, Lucy Tedjasukmana mengatakan, pasar kopi di Amerika menjadi barometer kopi spesialti di dunia. Keikutsertaan Gravfarm dalam acara ini merupakan wadah untuk menampilkan keunggulan kopi Indonesia sekaligus memperluas pemasaran Gravfarm hingga pasar internasional. “Kami mengucapkan terima kasih kepada BRI atas kesempatan berpartisipasi pada SCE 2024,” jelasnya.
FYI: Gravfarm merupakan produsen kopi di Bandung yang menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik yang mengedepankan prinsip ekonomi hijau dan diolah dengan kombinasi teknologi maju dan tradisional. Seluruh produk Gravfarm mempunyai sertifikat berstandar internasional (HACCP), halal, SNI, dll. Selain itu, kopi yang dihasilkan dilakukan dengan metode pengolahan Zero Waste dan memperhatikan kelestarian dan keseimbangan lingkungan.
Produk kopi yang dihasilkan merupakan kopi Arabika dan Robusta kualitas terbaik dan dijual dalam bentuk green bean atau kopi siap pakai GRAVFARM 1831, Java Toebroek, Hyang, Dandelion, Dapatan Borbor, Ireng, Siri Nusantara, dan juga kopi curah.
Kopi olahannya didistribusikan baik secara lokal maupun internasional. Di pasar lokal, Gravfarm dijual melalui jalur modern, e-commerce dan melalui jalur tradisional, distributor dan reseller di seluruh tanah air, baik di pasar ritel rumah tangga, kafe, restoran dan hotel. Gravarm juga didistribusikan secara internasional, antara lain ke Slovakia, Jerman, AS, Belgia, Jepang, China, Malaysia, dll.
Dikenal di SCE, Indonesia sudah 15 kali mengikuti ajang bergengsi tersebut. Pada SCE tahun ini, Indonesia mengusung tema: “Kopi Indonesia Luar Biasa: Rumah Kopi Terbaik Dunia”. 12 UKM berprestasi dihadirkan pada pameran tersebut. Karena partisipasi Gravfarm dalam SCE 2024, potensi tawaran senilai USD 616.900 dicatat oleh pembeli AS dan Eropa selama 3 hari acara tersebut.
Keikutsertaan Gravfarm pada SCE 2024 menindaklanjuti peningkatan kelas bisnis yang diraih atas dukungan yang diberikan oleh pihak perbankan BRI, khususnya keberhasilan yang diraih di pasar dunia melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.
(acd/ego)