Jakarta –
Read More : Kemenhub Berangkatkan 93 Bus Mudik Gratis Nataru
Belanja online kini sudah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan masyarakat. Banyak perusahaan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Tik Tok Shop yang menjadi pilihan masyarakat dan kini meningkatkan daya saingnya melalui fitur dan program yang inovatif.
Banyak perusahaan e-commerce yang terus berupaya meningkatkan pengalaman belanja online agar pelanggan dapat merasakan proses belanja yang memuaskan secara keseluruhan.
Dalam penelitian IPSOS bertajuk ‘Pengalaman Belanja Online dan Kepuasan di E-Commerce’, ditemukan bahwa Shopee unggul dalam memberikan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online. Indikator tingkat kepuasan berbanding lurus dengan aspek rekomendasi yang mempengaruhi pengalaman belanja online dari hulu hingga hilir.
Data tersebut mendukung keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama yang direkomendasikan pelanggan kepada kerabatnya, disusul Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). . Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce terbaik dalam memberikan pengalaman berbelanja paling memuaskan bagi pelanggan.
Andy Sukma, Direktur Eksekutif IPSOS Indonesia, mengatakan sejak hadirnya platform e-commerce di masyarakat, terdapat tren yang berkembang di kalangan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhannya.
Seiring meningkatnya popularitas belanja online, platform e-commerce harus menyesuaikan strateginya dan memperkenalkan banyak inovasi untuk memberikan pengalaman belanja online yang memuaskan kepada pengguna dengan preferensi berbeda.
Strategi platform e-commerce untuk memberikan pengalaman berbelanja yang holistik dengan mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai daya tarik utama platform e-commerce.
Jika dicermati lebih jauh, ada banyak aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja online.
Dari riset IPSOS disebutkan bahwa belanja melalui platform e-commerce mengungguli platform lain dalam segala aspek yang dicari pembeli. Jika ditelusuri lebih lanjut, ada beberapa aspek yang dianggap penting oleh responden untuk menentukan tingkat kepuasan mereka dalam berbelanja online. Salah satu fitur yang ditawarkan platform e-commerce dievaluasi melalui berbagai metode pembayaran.
Sebanyak 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan metode pembayaran terbanyak, diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan Tik Tok Shop (8%). Sejalan dengan temuan tersebut, salah satu metode pembayaran yang paling banyak menarik perhatian adalah Cash on Delivery (COD), dimana Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66%, disusul Tokopedia dan Lazada sebesar 12% dan terakhir TikTok Shop 10 berada di %. ,
“Dengan semakin banyaknya orang yang mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka, terdapat kebutuhan untuk memenuhi beragam preferensi, rangkaian produk dan kategori yang lengkap, serta ketersediaan toko resmi yang paling beragam,” ujarnya. Dalam siaran persnya, Jumat (21/6/2024).
Dalam hal ini, Shopee lebih baik dalam menyediakan berbagai toko resmi dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (9%) dan Tik Tok Shop (7%) dengan persentase 68%.
Selain integritas produk, sebagian besar konsumen memilih platform e-commerce berbiaya rendah, dengan Shopee memimpin dengan 64%, mengalahkan Lazada (13%), Tokopedia (12%) dan Tik Tok Shop (11%).
Keunggulan Shopee juga didukung dengan hadirnya program khusus Jaminan Harga Rendah (GHT) yang paling diketahui oleh 74% responden. Sementara itu, fitur termurah dari platform lain memiliki asosiasi yang lebih rendah, antara lain Lazada (49%), Talkopedia (47%), dan TikTok Shop (37%).
Data tersebut didukung oleh hasil penelitian, dimana 88% responden sering menggunakan jaminan harga termurah dari Shopee. Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman terlengkap, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%) dan Tik Tok Shop (7%).
Seiring dengan terus berkembangnya inovasi dari platform e-commerce, preferensi masyarakat pun semakin meningkat tidak hanya dalam menentukan pilihan produk namun juga dalam cara melakukan pembelian. Kini, fitur interaktif seperti belanja langsung dan video pendek telah ditambahkan untuk membantu orang membuat pilihan belanja. IPSOS menemukan bahwa 63% responden menilai Shopee sebagai salah satu situs e-commerce terbaik yang menawarkan layanan streaming langsung, diikuti oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, pada indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee memimpin dengan 61%, disusul TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%). (bunuh bunuh)